Rutan Kotamobagu Gandeng Media Dukung Program Resolusi Pemasyarakatan

0
106
Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, pak Busen saat memberikan arahan kepada Personil Rutan Kotamobagu. Kamis (27/2/20)/Foto by: Wandy

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Kotamobagu menggandeng media dalam rangka mendukung Program Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020. Kamis 27 Februari 2020.

Program yang digagas oleh Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) ini, dilakukan secara serentak di seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia dengan melakukan media gathering kolaborasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh personil Rutan Kotamobagu, yang menggelar teleconference dengan salah satu Direktur Jenderal Pemasyarakatan pusat, Sri Puguh Budi Utami.

Dalam penyampaiannya, Ia mengatakan bahwa visi misi Kementerian Hukum dan HAM, menjadikan Lapas atau Rutan bukan lagi penjara melainkan tempat pembinaan.

“Program Resolusi Pemasyarakatan sendiri di dalamnya mendorong 681 UPT Pemasyarakatan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi atau WBK, dan pemberian hak remisi dan Program Integrasi kepada narapidana, ” ujar Dirjen dalam teleconference.

Kepala Rutan Kelas II B Kotamobagu, Anton Heru Susanto, melalui Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, pak Busen mengatakan, bahwa dalam membangun lembaga kemasyarakatan tidak lagi mengandalkan kemampuan sendiri. Tapi, harus berkolaborasi dengan kekuatan yang ada di masyarakat, termasuk media cetak, elektronik maupun media online.

“Untuk mendukung program ini, kami berharap media, bisa menyebarkan program Rutan Kotamobagu, secara transparan, baik itu program kegiatan, ataupun program positif lainnya, yang mempunyai dampak dan bisa bermanfaat kepada narapidana, ” ujar Busen, di ruangan rapat Rutan.

Dengan adanya dukungan dari teman-teman media, lanjut Busen, masyarakat nantinya akan sangat antusias mendukung program di Lapas ataupun di Rutan Kotamobagu.

“Jika nanti ada masyarakat yang ingin berkolaborasi atau memberikan sumbangsihnya, tapi tidak tahu bidang apa yang harus diperankan, maka kami akan menerima konsultasi sepenuhnya, selama tujuannya baik dan bermanfaat, ” pungkas Busen.

(Wandy).

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here