Bisnis Jual-Beli Kemiri Warga Bilalang ll ini Cukup Menjanjikan

0
311
Bisnis Jual-Beli Kemiri Warga Bilalang ll ini Cukup Menjanjikan
Alharis Pobela, warga Desa Bilalang II yang berbisnis Kemiri

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU- Potensi komoditi kemiri hasil pertanian di Kota Kotamobagu turut mendorong terbukanya peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat di wilayah setempat.

Adalah Alharis Pobela, warga Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, yang coba melirik peluang bisnis ini dengan membuka usaha jual-beli kemiri di desanya. Menurutnya, bisnis yang belum lama dirintis ini sudah mampu membuatnya jadi penampung kemiri dengan jumlah yang lumayan besar.

“Dengan mengandalkan modal pribadi, saya mencoba menjadi penampung kemiri. Alhasil, seiring waktu berjalan ternyata bisnis ini sangat menjanjikan,” ujar Alharis kepada sejumlah awak media, saat disambangi di tempat usahanya beberapa waktu lalu.

Diungkapkannya, dalam seminggu ia bisa memasok kurang lebih 200 Kg kemiri utuh tanpa cangkang ke pembeli yang sudah bekerjasama dengannya.

“Untuk penjualannya kembali, kita sudah jalin kerjasama dengan salah satu pengepul kemiri di kotamobagu, itu berkat bantuan dari rekan yang juga memiliki bisnis yang sama,” ungkap Papa Nesa sapaan akrab Alharis.

Dia menambahkan, kendala yang saat ini dihadapinya selama menjalankan usaha ini yakni minimnya peralatan pendukung seperti mesin pendingin serta belum tersedianya mesin pemecah kemiri.

“Jadi kemiri yang kami beli dari para petani, dijemur dulu kemudian disimpan dalam frezeer selama satu hari agar nantinya ketika di giling dalam mesin pemecah, kemirinya tetap utuh. Sehingga itu kedepan saya akan berusaha untuk kembali menambah frezer dan mesin pemecah kemiri agar dapat menampung lebih banyak lagi dan bisa memisahkan kemiri dari cangkangnya sendiri,” tutupnya.

(*/Me2t)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here