Oknum PNS di Inspektorat Larang Wartawan Ambil Gambar Saat Audit Dandes

0
1041
Oknum PNS di Inspektorat Larang Wartawan Ambil Gambar Saat Audit Dandes
Kantor Inspektorat Kota Kotamobagu
Advertisement

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Fungsi media adalah sebagai penyebarluasan informasi kembali diuji. Hal tersebut kembali terjadi saat awak media ini meliput audit Dana Desa (Dandes) yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kota Kotamobagu di Desa Poyowa Besar I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Selasa (27/2/2018) pagi tadi.

Saat liputan audit tersebut, salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Inspektorat, yang diketahui bernama Fredy, melarang awak media untuk mengambil gambar proses audit tersebut.

“Tidak boleh mengambil foto di sini. Jika ingin mendokumentasikan kegiatan ini harus mita izin dahulu ke pimpinan,” kata Fredy.

Menanggapi perlakuan terhadap oknum wartawan tersebut, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolmong Gunady Mondo, angkat bicara.

“Pelarangan wartawan untuk mengambil gambar tanpa alasan yang tidak jelas merupakan pelanggaran kebebasan Pers. Tugas media untuk penyebaran informasi, apalagi terkait audit Dandes jangan dihalangi, karena masyarakat luas membutuhkan informasi terkait penggunaan Dandes,” ungkapnya.

Dikatakan, jika hal tersebut yang dilakukan oleh Inspektorat, bisa saja ada hal yang disembunyikan.

“Kenapa hanya mengambil gambar saja harus dilarang, inikan menimbulkan kecurigaan, ada hal yang ditutup-tutupi,” terang Gun sapaannya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Kotamobagu Sair Lentang, ketika dihubungi via telepon seluler tidak menjawab. Di SMS juga tidak dibalas.(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here