KINI BLACKBERRY KEYONE HADIR DENGAN PAPAN KETIK FISIK QWERTY

0
136

BOLMORA, TEKNOLOGI – ┬áKini Mobile World Congress (MWC) 2017 yang rencananya berlangsung di Barcelona (Spanyol telah meluncurkan BlackBerry untuk ponsel terbaru.

Menurut kabar Engadget, Minggu (26/2/2017), ponsel terbaru itu adalah BlackBerry KeyOne — seri lanjutan 2 seri terdahulu. Pada awal, termasuk yang beredar dalam rumor, perangkat tersebut akan membawa nama Mercury

Belum diketahui apa alasan BlackBerry mengubahnya menjadi KeyOne. Tentu saja nama tersebut terdengar aneh karena 2 seri terdahulu menyandang nama DTEK50 dan DTEK60

Namun sesuai rumor, perangkat ini akan hadir dengan papan ketik fisik QWERTY seperti perangkat BlackBerry sekitar satu dekade lalu. QWERTY juga absen pada 2 seri terdahulu. Alhasil, postur KeyOne bakal terlihat lebih panjang.

Disebutkan laman Indiana Express (26/2), KeyOne akan menggunakan layar 4,5 inci dengan resolusi 1080p dan aspek rasio 3:2. Untuk urusan dapur pacunya, KeyOne ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 625 octa-core, RAM 3GB, dan ROM 32GB.

Selain itu, KeyOne akan memiliki kamera utama berlensa 12MP dengan sensor IMX378 dan mampu merekam video pada kualitas 4K dan 8MP melalui kamera depan. Baterai berkapasitas 3.505 menjadikan KeyOne sebagai salah satu perangkat terkini dengan tenaga besar.

Papan ketik yang dimiliki KeyOne bukan hanya berfungsi sebagai mesin ketik, tetapi juga memiliki fitur touch sensitif control pad. Artinya pengguna dengan leluasa dapat menggerakkan kursor layaknya tetikus (mouse) saat beraktivitas dengan surel dan dokumen teks.

Semua 52 huruf dalam papan ketik ini juga bisa diprogram untuk membuka aplikasi tertentu dengan menekan tombol agak lama. Misalnya; F untuk Facebook, U untuk Uber, dan lainnya. Sejumlah aplikasi bawaan BlackBerry tak lupa dimasukkan ke dalam sistem operasinya yang akan berjalan di atas Android 7.0 Nougat ini.

Namun, spesifikasi ponsel di atas terdengar biasa karena berbagai ponsel dari aneka jenama lebih dulu menyandang spesifikasi serupa. Sebagai contoh, Redmi Note 4 yang masuk kategori ponsel dengan bujet terjangkau juga berjalan di atas prosesor yang sama.

KeyOne tidak akan menggunakan aplikasi keamanan yang disediakan oleh DTEK. Namun BlackBerry menjamin data Anda akan tetap aman meski tidak ada aplikasi DTEK tersebut. Alhasil perangkat tersebut bisa disebut basi tanpa fitur tersebut.

Belum diketahui sektor apa yang menjadi unggulan BlackBerry karena secara keseluruhan spesifikasinya ada di hampir semua para rival. Sementara soal harga, BlackBerry KeyOne akan dijual senilai USD549 (Rp7,3 juta).

Apakah dengan harga itu, BlackBerry mampu menarik hati para penggemarnya kembali mengingat pangsa pasar BlackBerry kini sudah di ujung tanduk? Hal itu baru bisa diketahui pada April ketika BlackBerry mulai menjual KeyOne di Amerika Serikat. (BRTG/Supri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here