Lifestyle & Hiburan

TIPS AGAR RAMBUT KELIHATAN HITAM MENGKILAP

BOLMORA, LIFESTYLE – Memiliki potongan rambut yang salah memang bikin cemberut. Pulang dari salon, senyummu sulit untuk merekah. Kamu pun menyesali pemilihan salon itu dan kenapa hal itu bisa terjadi. Namun toh kamu hanya bisa menyesal. Sudah bayar mahal tapi tenyata hasilnya nggak memuaskan.

Tenang, marah boleh asal jangan berlebihan. Bila telah keluar banyak uang, kali ini kamu nggak perlu pusingkan dengan kocek lagi. Cara ini nggak mahal dan lumayan terjangkau. Dengan kembali menggunakan bahan-bahan tradisional kamu bisa mendapatkan rambut segera panjang. Berikut beberapa ramuan tradisional yang ampuh bikin rambut kamu semakin panjang:

  1. Santan Kelapa

Salah satu bahan yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut yaitu menggunakan santan yang digunakan pada kulit kepala. Kamu bisa menggunakan sekitar 300 ml santan kelapa pada kulit dan juga rambut. Jangan lupa untuk menutup rambut menggunakan handuk hangat lalu biarkan hingga kurang lebih 15 menit. Kamu baru bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Dengan dilakukannya perawatan seperti ini, rambut kamu akan menjadi lebih mengilap, lembut dan dalam waktu tertentu. Kamu akan mendapatkan hasil yang cukup efektif dari pertumbuhan rambut. Kamu bisa menggunakan cara ini tiga kali dalam seminggu. Namun jika dirasa nggak cocok kamu bisa menghentikan penggunaan santan ini dan menggantinya dengan bahan alami lainnya.

  1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya dalam menutrisi dan menyehatkan rambut memang sudah nggak diragukan lagi. Nggak heran jika banyak produsen produk perawatan rambut yang menggunakan tanaman yang satu ini sebagai bahan dasar pembuatan produknya. Namun untuk mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal, akan lebih baik jika kamu menggunakan lidah buaya secara langsung. Bukan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung tanaman tersebut.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup kupas lidah buaya dan ambil gelnya. Kemudian oleskan gel tersebut ke kulit kepala dan rambut kamu. Diamlah sekitar 20-30 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa tetes madu pada gel lidah buaya sebelum dioleskan pada kulit kepala.

  1. Buah Apel

Buah apel ini memiliki kadar polifenol yang cukup tinggi dan bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah pada rambut rontok. Penggunaan kulit apel bisa membuat rambut kamu menjadi lebih sehat dan juga lebih bernutrisi. Cara penggunaanya juga sangat mudah yakni dengan cara menghaluskan kulit apel kemudian hasilnya dioleskan pada rambut. Biarkan selama 15 menit hingga 20 menit dan bilas rambut kamu hingga bersih.

  1. Putih Telur

Gunakanlah putih telur sebagai masker. Caranya yaitu dengan mengusapkan kemudian memijat kulit kepala menggunakan masker putih telur. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan sampo. Manfaat yang dapat diperoleh adalah rambut akan ternutrisi dengan baik sehingga akan lebih cepat panjang.

  1. Minyak Jarak

Banyak orang yang menggunakan minyak jarak mengaku menumbuhkan rambut mereka 3-5 kali lebih cepat daripada seharusnya. Bahkan untuk wanita yang menghadapi masalah rambut rontok setelah melahirkan. Minyak ini ampuh membuat kerontokan rambutnya berkurang. Menumbuhkan kembali rambut adalah perkara yang nggak mudah. Ketika menggunakan minyak jarak sebagai perawatan rambut dua kali dalam seminggu, hasilnya rambutnya tumbuh sepanjang dua inchi atau sekitar 3 centimeter.

Kandungan anti bakteri dan anti jamur menjadikannya mampu melawan folikel rambut, ketombe dan infeksi kulit kepala. Asam risinoleat membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan merangsang rambut tumbuh kembali. Asam risinoleat juga mampu menjaga keseimbangan pH kulit kepala, membantu produksi minyak alami rambut, hingga mencegah kerusakan rambut akibat bahan kimia. Antioksidan dalam minyak jarak juga mendukung keratin dalam rambut, serta membuat rambut lebih kuat, halus dan nggak keriting.

  1. Buah Pisang

Nutrisi pada buah pisang dipercaya bisa membuat rambut makin lurus, makin halus, makin lembut dan terbebas dari masalah rambut. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setidaknya sekali dalam seminggu. Dalam waktu 3 sampai 4 bulan, kamu bisa merasakan bahwa rambut kamu akan lebih lurus, lebih halus, lebih sehat dan lebih lembut.

Bahan-bahan lain seperti jagung, gandum dan beras yang ditambahkan untuk rasa yang berbeda. Kandungan ini membantu memperkuat rambut. Rambut bisa mengalami pengeringan, karena proses pelurusan dan cuaca. Studi juga menemukan bahwa nutrisi dalam bir dapat membantu memperbaiki kering dan rambut rusak.(wkc/supri)

Gunady Mondo

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010 (Wartawan UKW UTAMA: 9971-PWI/WU/DP/XI/2021/21/10/79)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button