Wujudkan Program ODSK, Diskominfo se-Sulut Bangun Sinergitas Bersama

0
299
Wujudkan Program ODSK, Diskominfo se-Sulut Bangun Sinergitas Bersama
Tampak suasana rapat koordinasi Diskominfo, Persandian dan Statistik Provinisi Sulut, Selasa, 11 Januari 2022.
Advertisement

BOLMORA.COM, MANADO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melakukan rapat koordinasi dalam membangun sinergitas bersama seluruh Kepala Diskominfo se-Sulut.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung Kepala Diskominfo, Pesandian dan Statistik Evans Steven Liow S Sos MM, Selasa, 11 Januari 2022.

Adapun kegiatan tersebut dilakukan, untuk mewujudkan program Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK), dalam pembangunan transformasi digitalisasi informasi di Sulut.

Menurut Evans Steven Liow, pembangunan transformasi digitalisasi informasi di Sulut, harus disinergikan terlebih dulu di Diskominfo tiap daerah.

“Karena, ini menyangkut sinergitas dan integrasi layanan pemerintah provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, hingga desa dan kelurahan,”tegas Evans.

Disamping itu, kata Evans, nantinya transformasi digitalisasi pembangunan informasi di pedesaan, akan dibangun usaha internet yang nantinya akan dikelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) masing-masing desa setempat.

“Untuk anggaran sendiri, bersumber dari Dana Desa (Dandes) yang dikelola BUMDes dan tentu ada manfaat ekonomi didalamnya,” tandas Evans.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Bolmong Marief Mokodompit mengungkapkan, pihaknya terus berisnergi dan berkolaborasi bersama dalam upaya memberi dukungan kepada Pemprov Sulut.

Kolaborasi ini terus dilakukan, sebagai upaya percepatan tranformasi digital terintegrasi dengan pemerintah Provinsi Sulut.

Salah satunya, yakni satu data terpusat daerah yang sesuai diamanat peraturan presiden (Perpres) nomor 39  Tahun 2019, tentang satu data Indonesia sebagai bentuk implementasi Perpres 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

“Pada prinsipnya, Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulut, ikut mensukseskan program nasional yaitu desa cakap digital,” pungkasnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here