Temui Wali Kota, Pengadilan Agama Kotamobagu Bahas Program Kerjasama

0
436
Temui Wali Kota, Pengadilan Agama Kotamobagu Bahas Program Kerjasama
Foto bersama Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara dengan jajaran Pengadilan Agama Kotamobagu, Jumat (7/1/2022)/Foto: Ist
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Jajaran Pengadilan Agama Kotamobagu pagi tadi melakukan kunjungan silaturahmi ke Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, di Rudis Wali Kota, Jumat 7 Januari 2022.

Kunjungan yang difasilitasi oleh Ustad Yusuf Dani Pontoh SAg selaku bagian aparat di Pengadilan Agama Kotamobagu, diterima hangat oleh Wali Kota Tatong Bara.

Adapun maksud dan tujuan kunjungan ini, kata Ustad Dani Pontoh, yakni membahas program kerjasama yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Pengadilan Agama.

“Rombongan Pengadilan Agama diterima sangat baik oleh ibu Wali Kota. Dimana dalam pertemuan itu, kami membicarakan banyak, termasuk kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkot Kotamobagu, tentang pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan di Kota Kotamobagu,” ungkap Ustad Yusuf Dani Pontoh SAg.

Menurutnya, ada 4 point penting yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Pertama mengenai sistem kinerja Pengadilan Agama yang telah berbasis teknologi untuk mempermudah akses para pencari keadilan di Kotamobagu.

Kedua, rencana kerjasama dengan instansi terkait, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

“Berdasarkan data yang ada, di Kotamobagu masih banyak pasangan Suami Istri yang sudah menikah, tapi belum memiliki buku nikah, ditambah beberapa persoalan lainnya,” jelas Ketua MUI Kotamobagu ini.

Kemudian di poin Ketiga dan Keempat, lanjut Ustad Dani, yakni mengenai sosialisasi kewenangan instansi mereka, terutama soal penyelesaian sengketa keluarga, dan soal izin cerai bagi Pegawai Negeri Sipil. 

“Kami juga sudah bermohon kepada Ibu Wali Kota untuk bersedia pada saat penandatanganan MoU yang akan dikoordinasikan kemudian,” tuturnya.

Ustad Yusuf Dani Pontoh juga menyampaikan, bahwa point-point yang dibicarakan dan diajukan oleh Pengadilan Agama, mendapat respon yang sangat baik dari Ibu Wali Kota. 

“Ibu Wali Kota sangat merespon positif seluruh yang point yang dibicarakan, dan untuk soal MoU, Ibu Wali Kota meminta agar sesegera mungkin untuk bisa ditindaklanjuti,” ungkap Pontoh.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kotamobagu Sulastri Polii, membenarkan soal pembicaraan pada pertemuan tersebut. 

“Intinya, nanti akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas lebih spesifik lagi, termasuk poin-poin yang nantinya akan masuk dalam kerjasama. Dan ibu Wali Kota sangat merespon ini, sebab hal ini juga masuk dalam pelayanan ke masyarakat,” beber Kadis Dukcapil Sulastri Polii.

(*/wdr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here