Bolsel

Puskesmas Molibagu Lakukan Simulasi Vaksinasi Covid-19, Begini Tahapannya

BOLMORA.COM, BOLSEL – Puskesmas Molibagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) lakukan simulasi vaksinasi Covid-19, yang dipusatkan di halaman puskesmas, Selasa (12/1/2021).

Puskesmas menjadi lokasi utama pelaksanaan vaksinasi, selain di rumah sakit maupun sejumlah lokasi sebagai alternatif jika kapasitas fasilitas kesehatan tak cukup menampung jumlah antrean penerima vaksin. 

Kepala Puskesmas Molibagu Monalysa Mokodompit menyampaikan, simulasi ini dilakukan agar saat pemberian vaksin nanti sudah tahu langkah-langkahnya. 

“Dari hasil simulasi, setiap penerima vaksin akan melalui sejumlah tahapan dan akan melewati empat meja,” ungkapnya. 

Dikatakan, keseluruhan prosesnya menyita waktu sekitar 45 menit untuk per orang. Waktu ini di luar waktu untuk mengantre yang dimulai dari cuci tangan, serta penerapan protokol kesehatan lainnya, yakni 3M. Juga dilakukan pengecekan suhu tubuh, kemudian ke meja satu pendaftaran untuk mengecek identitas KTP. 

“Di meja pendaftaran, calon penerima vaksin akan menandatangi surat persetujuan medis (penyutikan vaksin), setelah diberikan penjelasan oleh petugas terkait proses penyutikan,” ujarnya. 

Monalysa juga mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan atau screening di meja dua, selanjutnya dilakukan penyuntikan di meja tiga.

“Setelah disuntik vaksin, penerima vaksin diminta untuk menunggu kurang lebih 30 menit di ruang observasi dan edukasi, atau di meja empat,” imbunya.

Ia menambahkan, jika terjadi keluhan setelah divaksin, tim medis siap dengan tindakan emergency.

(Nanda)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button