Boltim

DLH Boltim Fasilitasi Program AGC

BOLMORA.COM, BOLTIM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), memfasilitasi Artisanal Gold Council (AGC) dalam mengsosialisasikan Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS). 

Sosialisasi yang ditujukan kepada beberapa SKPD terkait, yang dilaksanakan di ruang rapat Asisten 3 Sekretariat Daerah Boltim.Kamis (10/1).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sjukri Tawil mengatakan, PERS adalah program AGC yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan, kesehatan, dan ekonomi bagi komunitas yang terlibat di sektor Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) di negara berkembang.

“Beberapa kegiatan yang menjadi cakupan program ini antara lain : pembangunan fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri, pelatihan pengolahan mineral, pelatihan kesetaraan gender, pelatihan penggerak koperasi, pelatihan data dasar inventarisasi penggunaan merkuri, dan pelatihan monitoring lingkungan,” terangnya.

Lanjut Sjukri, AGC sendiri merupakan organisasi lingkungan non profit berbasis di Kanada yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam sektor PESK dan lebih dari 20 negara.

“Di Indonesia, lokasi program AGC berada di tiga provinsi. Salah satunya ada di propinsi Sulawesi Utara, yang terletak di Tatelu (Minahasa Utara) dan desa Tobongon (Bolaang Mongondow timur),” tandasnya.

Dia juga menambahkan, 3 kali lipat besar merkuri saat melakukan pengolahan emas.

“Ada satu hal yang menarik menurut Saya, hasil survey dari Kementrian Lingkungan Hidup bahwa 1 kilo gram emas ditangkap menggunakan 3 kilo gram merkuri, jadi dapat satu kilo emas tapi membuang 3 kilo merkuri,” ujarnya.

Hal senada juga yang dikatakan Deputy Project Manager AGC, Supriyanto sebagai pemateri, sosialisai ini menyangkut pembangunan berkelanjutan pada Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) di Indonesia.

“Terkait hal tersebut, ada program untuk  pemberdayaan PESK, program ini adalah kerjasama pemerintah untuk pertambangan emas rakyat sejahtera,” ungkap Supriyanto. 

Kami memaparkan lanjut Supriyanto, program masyarakat sejahtera ini kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Boltim,  sejumlah SKPD terkait dan teman-teman media. 

“Salah satu aktivitas program ini adalah mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan merkuri dalam proses pengolahan emas, karena merkuri pasti akan dilarang pemerintah indonesia,” sebutnya.

“Pengganti merkuri pun ada beberapa metode namun masih ada juga yang menggunakan bahan kimia. AGC mencoba memberikan alternatif tidak menggunakan merkuri dan tidak juga menggunakan bahan kimia,” sambungnya.

“Visi dasarnya adalah penghapusan merkuri di pertambangan emas skala kecil diseluruh indonesia, karena ada konpensi minamata yang bisa membahayakan manusia,” kunci Supriyanto.

Giat tersebut dihadiri sejumlah SKPD terkait, Camat Modayag, Asisten 2 dan 3, dan penambang.

(ayax vay)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button