Bolmong

Pencairan TSG di Bolmong Masih Terganjal dengan Penyesuaian Data

BOLMORA, BOLMONG – Tunjangan Sertifikasi Guru (TSG) triwulan III di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) belum bisa dicairkan, karena masih terganjal proses pendataan kembali, guna penyesuaian data terbaru. Pasalnya, ada guru pensiun dan ada juga yang harus disesuaikan, karena kenaikan pangkat.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolmong, melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Yohanes Lole Lepa mengatakan, pencairan TSG di Bolmong terkendala input dapodik yang belum lengkap. Sehingga, pihaknya belum bisa mengusulkan pencairan tunjangan sertifikasi tersebut.

“Selama ini sering terjadi kekeliruan data, karena hanya diisi oleh operator sekolah, bukan dari Disdik. Saat ini, belum semua data dapodik guru penerima TSG terinput. Saya juga sudah menyampaikan ke guru-guru penerima TSG bahwa, operator hanya bertugas mendampingi guru untuk menginput data,” ungkapnya Senin (15/10/2018).

Menurutnya, pencairan TSG seharusnya dilakukan awal bulan Oktober ini. Namun karena kendala tersebut, pencairan terpaksa tertunda.

“Sampai kapan tertunda, kami belum tahu. Itu tergantung dari masing-masing sekolah, sudah lengkap atau belum penginputan data dapodiknya,” kata Yohanes.

Sedangkan untuk jumlah penerima sertifikasi triwuan lalu adalah 1.124 guru, dan memakan biaya sebesar Rp12.683.081.240. Ia mengaku, untuk tiwulan III ini mungkin berkurang dari data yang lama, karena ada beberapa guru yang sudah pensiun.

“Akan tetapi, sekarang kita masih dalam tahap pendataan untuk memastikan jumlah total guru sertifikasi di Bolmong,” tandasnya.

Beberapa guru yang berhasil diwawancarai mengatakan, mereka memang sering mengalami keterlambatan pencairan TSG. Mereka meminta pemerintah, dalam hal ini instansi teknis untuk segera mengambil langkah antisipatif.

“Pencairan TSG di Bolmong memang sering terlambat, dan ini sudah menjadi hal yang biasa-biasa saja. Harusnya, Disdik mengambil langkah antisipasi terkait pendataan,” ujar sejumlah guru yang tak ingin dipublis namanya.

(agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button