Dandes Tahap III Segera Terealisasi

0
56
Dandes Tahap III Segera Terealisasi
Kabid Perbendaharaan, BPKD Kota Kotamobagu Syafrudin Abas

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Realisasi Dana Desa (Dandes) tahap ketiga (40 persen) akan segera teralisasi. Menurut, Kabid Perbendaharaan, BPKD Kota Kotamobagu Syafrudin Abas, untuk laporan secara aplikasi atas penyerapan Dandes tahap sebelumnya sudah disampaikan, dan fisiknya yang akan segera dikirim ke KPPN Kota Kotamobagu.

“Setelah laporan fisik realisasi dan hasil konsolidasi tahap sebelumnya ditandatangani ibu wali kota, kami akan langsung mengirimkannya ke KPPN Kota Kotamobagu,” ucap Abas, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (10/10/2018).

Setelah ini, tinggal menunggu untuk penyaluran Dandes tahap ketiga dari Kas Umum Negara ke Kas Umum Daerah.

“Kami upayakan pekan ini surat pengantar yang akan ditandatangani ibu wali kota dikirim ke KPPN. Kemungkinan pekan depan sudah ada di Kas Umum Daerah, setelah itu akan langsung direalisasikan ke rekening desa,” ungkapnya.

Kasubid Pembinaan Keuangan Daerah dan Desa, BPKD Kota Kotamobagu Adi Mokoagow mengatakan, pencairan Dandes untuk tahap tiga tinggal menunggu proses penyaluran dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkot Kotamobagu.

“Kami sudah menyusun surat pengantarnya. Biasanya proses transfer dari RKUN ke RKUD memakan waktu hingga dua minggu. Intinya, ketika masuk ke RKUD akan langsung ditransfer ke rekening resa,” ujar Adi.

Sedangkan untuk tahapan pencairan, sesuai dengan PMK 225 Tahun 2017, disebutkan tahap pencairan ketiga paling cepat Juli 2018. Dengan syarat PMK 225, yakni harus ada laporan realisasi penyaluran Dandes tahap kedua, minimal 75 persen dan laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output Dandes.

“Syaratnya ada di PMK 225. Semua dilakukan sesuai petunjuk dan regulasi yang ada,” tambahnya.

(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here