Diskominfo Bolmong Gelar Bimtek dengan PPID

0
31
Diskominfo Bolmong Gelar Bimtek dengan PPID
Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Derek B. Panambunan, didampingi Sekretaris Kominfo Bolmong Jenli Mongilong, dan Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Harry Moka, membuka secara resmi Bimtek Tata Kelola Pelayanan Informasi Publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

BOLMORA, ADVERTORIAL – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Tata Kelola Pelayanan Informasi Publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemkab Bolmong.

Tampak suasana Bimtek tentang Tata Kelola Pelayanan Informasi Publik oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemkab Bolmong

Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA), Kamis (13/9/2018) itu, diikuti oleh PPID di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bolmong, dan dibuka oleh Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Derek B. Panambunan, mewakili Bupati Bolmong.

Dalam sambutannya Derek mengatakan, PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampaian dokumen yang dimiliki oleh badan publik, dengan amanat Undang-Undang Nomor: 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Kata dia, informasi diperlukan oleh masyarakat, maka dari itu setiap instansi wajib memberikan informasi yang benar kepada publik.

“Kita bisa memberikan informasi, tapi harus ada batasan-batasanya. Jangan sampai informasi negara atau rahasia daerah dibeberkan ke publik. Seperti pertahanan negara itu tidak boleh dipublikasikan,” imbuhnya.

Tampak para peserta Bimtek

Dijelaskan, semua yang berkaitan dengan rahasia negara, daerah, dan juga pribadi jangan sampai dipublikasikan. Memeng, masyarakat berhak tahu tentang informasi atau kegiatan yang dilakukan Pemkab.

“Yang intinya semua instansi ada kaitannya dengan Diskominfo. Identitasnya ada di Diskominfo, tapi kita adalah pelaku PPID,” ujar Derek.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Bolmong Jenli Mongilong menyampaikan, pelaksanaan kegiatan dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia, harus diwujudkan dalam pelayanan informasi yang dilaksanakan oleh PPID. Tujuannya adalah memberikan dan meningkatkan pemahaman kepada simpul-simpul layanan PPID Kominfo, tentang proses permintaan informasi publik terkait dengan implementasi UU Nomor: 14 Tahun 2008, serta meningkatkan akses layanan PPID Kominfo kepada masyarakat di daerah.

Sekretaris Diskominfo Jenli Mongiloang, menguraikan maksud dan tujuan pelaksanaan Bimtek PPID

Dia menambahkan, PPID Kominfo sebagai pintu gerbang layanan informasi kepada masyarakat sesuai implementasi keterbukaan informasi publik, berkomitmen hadir dan meningkatkan kualitas layanan informasi serta jangkauan akses layanan kepada masyarakat di Indonesia khususnya di Bolmong.

“Undang-Undang Nomor: 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik, serta kewajiban badan publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, mudah dan wajar. Namun, perlu memastikan informasi publik disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Jika perlu beri penjelasan,” urai Jenli.

Dikesempatan yang sama, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Harry Moka menambahkan, pihaknya telah merencanakan penguatan kelembagaan PPID melalui penguatan internal.

“Kami PPID utama, sedang merencanakan penguatan kelembagaan melalui penguatan internal kita di dalam. Saat ini kami akan lakukan penguatan PPID. Dan pada 2019 mendatang, akan mensosialisasikan tugas-tugas PPID pembantu ke masyarakat,” pungkasnya.

(adve/agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here