DPRD Bolmut Gelar Paripurna LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2017

0
111
DPRD Bolmut Gelar Paripurna LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2017
Suasana Rapat Paripurna LPj Pelaksanaan APBD 2017 Pemkab Bolmut

BOLMORA, BOLMUT – Dewa Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kamis (16/8/2018), menggelar rapat paripurna pembicaraan tingkat I Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Tahun 2017.  

Rapat paripurna yang digelar di ruang sidang DPRD Bolmut tersebut, dimulai pukul14.30WITA, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolmut Saiful Ambarak, didampingi Wakil Ketua Abdul Eba Nani, dan Salim Bin Abdullah, serta dihadiri para anggota, Bupati Bolmut Depri Pontoh, Wakil Bupati Suriansyah Korompot, Pjs. Sekda Leksi Talibo, para asisten, staf ahli, para pimpinan SKPD, camat dan sangadi.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Bolmut Saiful Ambarak mengatakan, rapat paripurna dilaksanakan berdasarkan Undqang-Undang (UU) Nomor 32 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Di mana, kepala daerah wajib menyampaikan Ranperda LPj Pelaksanaan APBD kepada DPRD, berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) enam bulan setelah Tahun Anggaran berakhir.

“LPj merupakan ketentuan konstitusional sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Secara substansial, LPj juga merupakan evaluasi atas pelaksanaan pengalolaan keuangan pemerintah daerah. Mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pengendalian hingga pengawasan,” ujarnya.

Menurutnya, pembahasan Ranperda LPj Pelaksanaan APBD 2017 dilakukan melalui dua tingkat pembicaraan, yaitu pembicaraan tingkat I dan pembicaraan tingkat II.

Adapun surat dari pemerintah daerah tentang permohonan penjadwalan Ranperda LPj atas pelaksanaan APBD tahun 2017, oleh pimpinan dewan telah diteruskan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD.

“Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukun daerah,” kata Saiful.

Diakhir rapat paripurna, Saiful menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolmut, yang dalam masa akhir jabatan berhasil meraih prestasi, berupa perolehan opini WTP selama dua tahun berturt-turut.

“Raihan opini WTP dua kali berturut-turut merupakan prestasi pemerintah daerah yang patut diapresiasi,” ucapnya.

Adapun pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Ranperda LPj pelaksanaan APBD Kabupaten Bolmut Tahun 2017, telah disampaikan secara tertulis.

“Berdasarkan pandangan umum enam fraksi yang ada di DPRD Bolmut, berkesimpulan bahwa Ranperda LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2017 dapat diterima untuk dibahas pada tahapan selanjutnya,” pungkas Saiful.

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh, dalam sambutan pengantar pembicaraan tingkat I Ranperda LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2017, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Bolmut, yang telah menerima usulan Ranperda LPj untuk diparipurnakan yang selanjutnya akan dibahas di tingkat fraksi DPRD.

“Selaku pemerintah daerah, saya menyampaikan apresiasi kepada pihak legislatif yang terus memberikan kontribusi melaksanakan tugas pengawasan, menyusun anggaran dan peraturan daearah (Perda) secara efektif, guna mendorong penerapan standar akuntansi pengelolaan anggaran di daerah. Tentunya diharapkan, kerja sama, koordinasi serta komunikasi yang baik akan lebih ditingkatkan, untuk mewujudkan kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakatdi daerah yang sama-sama kita cintai ini,” urai  bupati.

Dalam kesempatan itu, bupati memaparkan pelaksanaan APBD Tahun 2018. Mulai dari perencanaan, penyusunan, hingga penggunaan anggaran selama Tahun Anggaran 2017.

Sekadar diketahui, sebelum menggelar rapat paripurna LPj Pelaksanaan APBD Tahun 2017, DPRD Bolmut juga melaksanakan rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI.

(gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here