Wali Kota Lepas Jamaah Calon Haji Asal Kotamobagu

0
71
Wali Kota Lepas Jamaah Calon Haji Asal Kotamobagu
Suasana pelepasan Jamaah Calon Haji Kota Kotamobagu

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Sebanyak 131 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Kotamobagu, musim haji 1439 Hijriyah/2018 Masehi, yang terdiri dari 46 jamaah laki-laki dan 81 jamaah perempuan dilepas oleh Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Selasa (7/8/2018).

Acara pelepasan yang digelar di aula rumah dinas (Rudis) wali kota tersebut, turut dihadir unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu, Sekkot Kotamobagu Adnan Massinae, para kepala dinas/badan, camat dan kepala desa.

Ketua Rombongan Roi Bara, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Kotamobagu yang telah mengagendakan acara pelepasan JCH tersebut.

“Kami menyampaikan limpah syukur dan terima kasih kepada wali kota yang telah mengagendakan acara pelepasan JCH ini. Sejak kami mendapat panggilan Allah, berbagai program dan kegiatan telah kami laksanakan. Seluruh proses dan tahapan telah kami ikuti bersama, sebagai bahan untuk kami jadikan bekal dalam perjalanan ibadah haji tahun ini,” ujar Roi.

Wali Kota Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, setiap tahun Pemkot Kotamobagu melepas JCH.

“Yang membanggakan, setiap tahun JCH Kota Kotamobagu meningkat, serta paling banyak dibandingkan dengan lima kabupaten/kota lainnya di Bolmong Raya (BMR),” katanya.

Menurutnya, ibadah haji merupakan panggilan Allah SWT yang dirindukan oleh setiap umat Islam, dan tidak semua mendapatkan waktu untuk berangkat. Tetapi, inilah yang dipilih Allah SWT, teristimewa masyarakat Kota Kotamobagu yang menjadi tamu Allah di periode keberangkatan tahun ini.

“Alangkah muliah dan berbahagianya anda (JCH), karena 130 ribu penduduk Kota Kotamobagu hampir sebagian besar menantikan untuk menunaikan ibadah haji, tetapi Andalah yang dipanggil oleh Allah SWT,” ujar Tatong.

Lanjutnya, ibadah haji diwajibkan bagi orang yang mampu melaksanakan perjalanan ke Baitullah, yang artinya mampu secara finansial, rohani dan jasmani.

“Saya optimis, Inshaa Allah jamaah haji Kota Kotamobagu berangkat dengan jumlah yang sama, kembali juga dengan jumlah yang sama,” imbuhnya.

Dari 131 JCH yang dilepas tersebut, terdapat 127 JCH reguler dan 4 JCH plus.

Sementara, JCH tertua atas nama Engo Ada Korompot (90), asal Desa Pontodon, Kecamatan Kotamobagu Utara, dan JCH termuda atas nama Cecilia Dwi H. Paransi (26) asal Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara. ASN 11 orang.

JCH berangkat dari Kota Kotamobagu menuju Asrama Haji Manado, Sabtu (11/8/2018), menuju embarkasi Balikpapan, Minggu (12/8/2018), menuju Jedah, Senin (13/8/2018) dan akan kembali ke tanah air (25/9/2018).

JCH Kota Kotamobagu tergabung dalam kelompok terbang, kloter 13 gelombang ke-2.

(*/me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here