Penerapan e-Planning dan e-Budgeting Dimulai dari Desa

0
103
Penerapan e-Planning dan e-Budgeting Dimulai dari Desa
Kepala Bappeda Kabupaten Bolmong Yarlis Hatam

BOLMORA, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) memberlakukan sistem e-Planning dan e-Budgeting mulai dari tingkat pemerintah desa (Pemdes) dan kecamatan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan perencanaan dan penganggaran yang efektif dan efisien serta transparan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong Yarlis Hatam mengatakan, sistem ini akan mempermudah proses pelaporan kinerja dan pengendalian proyek pembangunan, sehingga target pembangunan dapat tercapai di tingkatan desa, dan dapat lebih bersinergi dengan dinas terkait.

“Sistem ini mempermudah proses pelaporan. Untuk itu, kita akan mulai dari tingkat bawah, sehingga program yang dijalankan mulai dari tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan, termasuk dinas terkait dapat bersinergi,” ujarnya. Rabu (11/7).

Ia menjelaskan, Pemkab Bolmong menginginkan perencanaan dan penganggaran harus terintegrasi sampai dimonitoring dan evaluasi (Monev) hingga pelaporan. Selain efektif dan efisien dalam capaian pembangunan, sistem ini juga sangat efektif mencegah dan menekan praktik-praktik korupsi seminimal mungkin dari tingkat bawah, terutama dalam penggunaan Dandes atau ADD. Sehingga, program tersebut tidak memberikan celah untuk memainkan anggaran mulai dari tingkat Desa.

“Ini harus diperhatikan oleh masing-masing desa. Dan jika ada kendala, silakan langsung berkoordinasi agar tidak terjadi masalah hukum dikemudian hari,” urai Yarlis.

Dirinya juga menghimbau, untuk mencapai target pembangunan tersebut, harus diperlukan sinergi yang lebih baik antara proses perencanaan dan penganggaran semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemdes lebih bersinergi.

“Intinya perencanaan dan penganggaran itu harus terintegrasi, mulai dari tingkat desa sampai kecamatan,” imbuhnya.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here