Puluhan Ayam Milik Warga Desa Bulawan Bersatu Mati Mendadak

0
101
Puluhan Ayam Milik Warga Desa Bulawan Bersatu Mati Mendadak
Tampak ternak ayam milik warga yang mati mendadak

BOLMORA, BOLTIM – Ayam milik warga Desa Bulawan Bersatu, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Monongondow Timur (Boltim) mendadak mati tanpa sebab.

Informasi yang diperoleh awak media, sejak seminggu ini sudah ada puluhan ekor ayam yang mati mendadak. Setiap hari, sedikitnya dua sampai tiga ekor ayam mati dalam sehari.

Asri Karian, salah satu warga pemilik ternak ayam di Desa Bulawan mengatakan, kematian ayam ini terjadi pasca lebaran Idul Fitri, hingga saat ini. Belum diketahui pasti apa penyebab kematian ayam-ayam tersebut, tapi dugaannya kemungkinan karena perubahan cuaca.

“Setiap masuk bulan Juni, Juli sampai Agustus, ayam peliharaan warga diserang penyakit, dan tiba-tiba mati. Diduga kerana perubahan cuaca,” ungkap Asri, Senin (2/7/2018).

Menurutnya, sejak kejadian kematian ayam, belum ada warga yang melaporkannya ke Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pemkab Boltim, untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian ayam-ayam tersebut.

“Setelah kematian ayam secara mendadak terexspose di media, kami harap dinas terkait segera turun lapangan untuk memastikannya, apakah flu burung atau penyebab penyakit lainnya,” imbuhnya.

Kepala Distanak Pemkab Boltim Raden Setiono, ketika dikonfirmasi mengaku pihaknya akan segera menurunkan tim ke lapangan, untuk memastikan kematian ayam-ayam tersebut.

“Saya akan turunkan dokter hewan untuk mengambil sampel agar bisa diketahui apa penyebab kematian ayam-ayam tersebut,” ujar Setiano.

Dia menyarankan jika ada ayam mati, sebaiknya jangan dibuang. Alangkah baiknya gali tanah dan bakar, supaya virusnya tidak menyebar.

“Bagi pemilik ayam ternak, jika ada ayam mati jangan dibuang, gali saja tanah kemudian dibakar, setelah itu ditimbun supaya virus dari ayam mati tersebut tidak menyebar, ” imbuhnya.(ayax vay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here