Dinas Perdanganan ESDM Bolmong Lakukan Sidak Jelang Ramadhan

0
17
Dinas Perdanganan ESDM Bolmong Lakukan Sidak Jelang Ramadhan
Tampak sidak yang dilakukan Dinas Perdagangan dan ESDM Kabupaten Bolmong

BOLMORA, BOLMONG – Dalam rangka mencegah beredarnya makanan kemasan yang tidak memenuhi standar kesehatan khususnya terhadap masa kadaluarsa, izin edar makanan kemasan dan kemasan makanan yang rusak di bulan Ramadhan, petugas dari Dinas Perdangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga titik  toko,  kios dan pasar yang tersebar di Bolmong.

Sidak yang dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Promosi Perlindungan Konsumen dan Tertib NiagaTresti Hapulu tersebut, mengunjungi tiga pasar yang tersebar di Bolmong, yakni  Pasar Inobonto,  Pasar Tanoyan dan Pasar Dumoga.

Hasil sidak tersebut, tidak ditemukan makanan yang kedaluarsa dan membahayakan kesehatan. Namun di tiga pusat perbelanjaan ini, petugas memberikan beberapa saran untuk tetap menjaga kualitas makanan yang diperjualbelikan.

Menurut Tresti,  sidak ini dilakukan menjelang puasa, terutama untuk mengawasi peredaran makanan kemasan yang ada di Bolmong. Ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan dari sidak ini untuk mencegah beredarnya makanan kemasan yang tidak memenuhi standar kesehatan khususnya terhadap masa kadaluarsa, izin edar makanan kemasan, dan kemasan makanan yang rusak. Dengan begitu, diharapkan masyarakat merasa nyaman dan tenang untuk berbelanja makanan,” jelasnya, Rabu (16/5).

Dikatakan, jumlah permintaan makanan dan minuman yang besar menjelang bulan puasa dapat saja dimanfaatkan oleh oknum pengusaha yang tidak bertanggungjawab untuk menjual barang yang telah kadaluarsa. Melalui kegiatan ini, masyarakat juga diimbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaan saat membeli produk serta selalu memperhatikan masa kadaluarsa produk yang tercantum dalam kemasan.

“Kepada para pengusaha maupun penjual juga diimbau memeriksa produk makanan dan minuman yang dijual, serta menjaga kebersihan tempat usaha untuk menghindari kontaminasi produk dari serangga pengerat,” imbau Tresti.

Dalam sidak ini, petugas belum menemukan makanan dan minuman yang kadaluarsa maupun yang illegal. Namun, sidak ini akan tetap dilaksanakan selama bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here