Potensi Ikan Mas Koi di Kotamobagu Cukup Menjanjikan

0
201
Potensi Ikan Mas Koi di Kotamobagu Cukup Menjanjikan
Ilustrasi Ikan Mas Koi

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Perkembangan Ikan Mas jenis Koi di Kota Kotamobagu cukup besar. Hampir di setiap desa dan kelurahan, para peternak sudah mulai memeliharanya, bahkan juga sudah ada yang menjadi indukan.

“Awalnya saya mendapat bibit Ikan Mas Koi di Kantor Pertanian dan Perikanan Kotamobagu dengan harga Rp 5000-7000 per ekor tergantung besarnya,” ungkap Yadi Agantu warga Kopandakan l

Menurutnya, saat ini ikan yang dia beli sudah berbobot 1kilo gram (kg) bahkan sudah ada yang mencapai 2 kilogram.

“Pertumbuhan Ikan ini sangat pesat dan juga sudah beberapa orang yang mau menawar untuk dibeli,” terang Yadi.

Senada dengan Yadi, Alfian Makalalag yang merupakan warga Kelurahan Matali juga senang memelihara Ikan Mas Koi.

“Rasa Ikan ini sama seperti Ikan Mas lainnya tapi yang membuat saya senang adalah warnanya cukup bagus untuk dilihat. Di Kolam saya sendiri ada sekitar 40 ekor Ikan Mas Koi yang saya satukan dengan Ikan Nila,” ujar Alfian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu Muljadi Surotenojo mengatakan, permintaan bibit Ikan Mas Koi cukup besar.

“Sampai saat ini kami terus melakukan pembibitan dari indukan yang diambil dari Bogor. Tapi, sekarang juga sudah ada indukan yang dihasilkan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan sendiri,” kata Muljadi.

Diketahui, Ikan Koi masuk ke Indonesia dibawa oleh kaisar Akihito sebagai cinderamata yang diberikan kepada presiden Soeharto pada tahun 1991. Cinderamata ini diberikan karena 29 tahun sebelumnya sekitar tahun 1962, Akihito yang saat itu masih sebagai pangeran, mengunjungi Indonesia dan mampir ke Bogor, disana dia dan putri Michoko melihat ikan Emas dan berkeinginan untuk menyilangkan ikan Emas tersebut dengan ikan Karper. Hasil persilangan ini menghasilkan campuran corak warna yang lebih menarik pada tubuh ikan Koi. Sebagai rasa terima kasih, kaisar Akihito membawakan kembali hasil persilangan ikan Koi dengan ikan Emas tersebut ke Indonesia.(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here