Komisi III DPRD Bolmut Perjuangkan Penanganan Pulau Bongkil

0
53
Saiful Ambarak Siap Menuntaskan Pekerjaan di Sisa Masa Jabatan
Ketua DPRD Kabupaten Bolmut Saiful Ambarak

BOLMORA, BOLMUT – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) merupakan salah satu daerah yang memilikil pulau terluar. Pulau tersebut oleh masyarakat Bolmut dikenal dengan nama Pulau Bongkil, sebagaimana yang telah dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 6 tahun 2017 tentang penetapan pulau-pulau kecil dan terluar.

Sebagai salah satu pulau yang eksotik yang ada di Bolmut, maka tidaklah heran jika kepedulian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut selalu tertuju kepada pulau yang mempunyai panorama yang indah ini. Buktinya, belum lama ini Komisi III DPRD Bolmut secara langsung mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk memperjuangkan tentang penanganan pulau Bongkil tersebut.

Pun kunjungan tersebut mendapat sambutan positif dari Kepala Bappenas, yang langsung diwakili oleh Kepala Direktorat Daerah Tertinggal, Perdesaan dan Perbatasan Arief Wiroyudo.

“Bolmut memiliki pulau terluar yaitu Bongkil. Sehingga itu, butuh penanganan yang serius, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Adapun penanganan yang dimaksud adalah masalah ekosistem maupun kelestarian pulau Bongkil, yang telah kami sampaikan langsung kepada Bappenas, dan Alhamdullah kunjungan kami tersebut mendapatkan sambutan positif dari pihak Bappenas,” terang Ketua Komisi III DPRDR Bolmut Saiful Ambarak.

Menurutnya, tidak hanya masalah ekosistem dan lingkungannya, tapi juga yang disampaiakan bahwa pulau Bongkil merupakan salah pulau di Bolmut yang mempunyai destinasi wisata yang memukau.

“Dari pertemuan tersebut pihak Bappenas berjanji akan menyampaikan masalah ini ke Kementerian terkait,” ujar Saiful.

Dia berharap agar kiranya keseriusan dari DPRD untuk memperjuangkan penanganan pulau Bongkil ini dapat ditindaklanjuti oleh Pemkab Bolmut.

“Kami pula meminta agar dinas teknis dapat berupaya semaksimal mungkin, sehingga kunjungan kami ini tidak sia-sia,” imbuh Ketua Fraksi Partai Golkar Bolmut ini.(eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here