Ini Kata DPRD Bolmut Soal Renacana Penerapan Asensi Fingerprint Bagi Guru

0
22
Ini Kata DPRD Bolmut Soal Renacana Penerapan Asensi Fingerprint Bagi Guru
Anggota DPRD Bolmut Mahmud Tegila

BOLMORA, BOLMUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Mahmud Tegila mengatakan, program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dalam menerapkan Mesin absensi Fingerprint atau sensor sidik jari bagi para guru se-Kabupaten Bolmut patut diapresiasi.

“Sebagai mitra kerja, pastinya saya mendukung penuh program tersebut. Apalagi, tujuannya mengontrol kinerja para guru terutama dari sisi displin. Sebab, disiplin sebuah kata yang agaknya sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali bagi mereka yang berstatus guru,” ujarnya.

Dikatakan,  sekarang ini jarang bahkan sulit mencari dan menemukan guru yang benar-benar disiplin. Disiplin waktu, disiplin pakaian (seragam) juga disiplin kehadiran, karena kehadiran bukan hanya sekadar datang ke tempat tugas, tapi hadir untuk menjalankan tugasnya yaitu mengajar.

“Guru yang disiplin waktu, pasti akan berusaha sebisa mungkin datang tepat waktu. Sehingga, ketika ada bel masuk berbunyi dan kegiatan belajar mengajar dimulai, maka guru telah siap sedia dengan materi yang akan diajarkan,” jelas Mahmud.

Terpisah, Kepala Disdkbud Bolmut Abdul Nazarudin Maloho, saat bersua dengan sejumlah awak media, Selasa (17/4/2018), mengatakan bahwa Fingerprint ini sangatlah penting untuk mengontrol disiplin setiap guru.

“Iya, demi mengontrol kinerja dan disiplin para guru maka saya telah memprogramkan, mulai dari tahun ajaran baru sekitar bulan Juni nanti, semua guru yang ada di Kabupaten Bolmut harus absensi lewat Fingerprint,” imbuh Maloho.

Ia menambahkan, dengan adanya Fingerprint ini, tentunya pihaknya akan mengetahui dengan jelas disiplin kinerja dari para guru se-Kabupaten Bolmut.

“Yang jarang masuk atau yang sering bolos dalam bertugas akan diketahui lewat Fingerprint. Dan ketika diketahui, maka guru tersebut akan diberikan sanksi,” tegasnya.(eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here