BANNER PANWASLU KOTAMOBAGU
BANNER PEMKOT KOTAMOBAGU
BANNER PEMKAB BOLMUT

Izin Perdagangan Eceran Dipermudah

Segmen tersebut masih banyak dilirik masyarakat karena faktor kemudahan sistem operasionalnya.

0 19

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Proses pelayanan penerbitan izin usaha untuk jenis usaha perdagangan di Kota Kotamobagu dipermudah. Sejalan dengan kebijakan itu, sudah banyak warga yang mengajukan permohonan penerbitan izin usaha dagang eceran.

Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kota Kotamobagu Noval Manoppo mengatakan, sektor perdagangan eceran masih menjadi segmen usaha favorit di Kota Kotamonagu. Segmen tersebut masih banyak dilirik masyarakat karena faktor kemudahan sistem operasionalnya.

“Kalau melihat sistem perizinan yang kita keluarkan, sektor perdagangan yang paling banyak,” kata Noval, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, perdagangan eceran merupakan satu dari beberapa sektor perdagangan yang tumbuh. Semua itu tidak lepas dari kemudahan pengurusan izin gratis.

“Terbukti mampu menstimulus minat masyarakat untuk berkecimpung di dalamnya,” terang Noval.

Berbicara tentang latar belakang perdagangan, skala ini diminati banyak masyarakat. Noval memastikan jika tidak terlepas dari pertumbuhan penduduk yang meningkat. Di mana, dengan pertambahan per kapita di suatu daerah, dapat mempengaruhi pertambahan kebutuhan hidup juga, sehingga turut mempengaruhi daya beli mereka dalam beberapa periode tertentu.

“Kita tidak bisa memungkiri jika masyarakat saat ini menilai perdagangan eceran merupakan usaha dengan profit cukup tinggi. Belum lagi, skema operasionalnya pun mudah dan pasarnya jelas,” ungkapnya.

Terkait sebaran perdagangan skala eceran sendiri, tersebar di 33 desa dan kelurahan yang ada di empat kecamatan.

“Namun, yang lebih dominan tentu ada  di kawasan perkotaan,” pungkas Noval.(me2t)

 

BANNER DPRD BOLMUT
Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.