HMI BMR Usulkan Pencabutan Moratorium Pemekaran

0
11
HMI BMR Usulkan Pencabutan Moratorium Pemekaran
Sekretaris Umum HMI Cabang Bolmong Raya Abdi Firmansyah Sutomo

BOLMORA, NASIONAL – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Indonesia, melaksanakan Kongres ke-30 di Universitas Patimura Ambon Maluku, pada 14-25 Februari 2017. Dalam kesempatan itu, HMI Cabang Bolaang Mongondow Raya (BMR) pun turut serta hadir dalam pelaksanaan kongres.

Saat Pleno lll sidang Komisi lll yang membidangi internal, eksternal dan Program Kerja Nasional (PKN) HMI cabang BMR merekomendasikan pencabutan moratorium pemekaran daerah yang diperpanjang pemerintah pusat hingga tahun 2019 nanti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Umum HMI Cabang BMR Abdi Firmansyah Sutomo, Minggu (25/2/2018). Pihaknya sengaja mendorong isu tersebut kedalam kongres yang diikuti oleh puluhan kader HMI dari Sabang sampai Merauke, karena dengan diperpanjangnya moratorium, kembali memupus harapan masyarakat BMR untuk menjadi daerah otonom sekelas provinsi.

“Momentum kongres ini bisa jadi salah satu penambah semangat bagi kita putra daerah, untuk sama-sama memperjuangkan terwujudnya Provinsi BMR dalam beberapa tahun ke depan. Pada kesempatan ini juga, setiap kader di daerah mempunyai peluang mengusulkan suatu program kerja untuk kepengurusan PB HMI masa bakti 2018-2020. Nantinya, PB HMI akan menjadi salah satu bagian pendorong dicabutnya moratorium pemekaran ini,” ujar Abdi.

Dia menjelaskan, keputusan terbentuknya PBMR ada di tanggan Dewan Otonomi Daerah (DOD) yang diketuai, Wakil Presiden RI Jusuf Kallah.

“Tahapannya tinggal menunggu persetujuan dari DOD ke Presiden, saat ini ada 35 daerah yang menunggu hal tersebut. Namun karena ada moratorium pemekaran, perjuangan itu tidak bisa dilanjutkan, sehingga perlu untuk membuka pintu agar 65 calon Daerah Otonom Baru (DOB) ini bisa disahkan,” terang Abdi.

Ditambahkan, Wakil Presiden RI Yusuf Kalla adalah bagian dari HMI, dan hal tersebut merupakan salah satu peluang.

“Semua akses harus kita gunakan untuk mewujudkan cita-cita ini. Apalagi pak wapres adalah bagian dari HMI,” tutupnya.

Sekadar diketahui, dalam pleno III tersebut sejumlah HMI Cabang se-Indonesia turut memasukkan pemekaran daerah, dan tercatat hampir ada 15 rekomendasi calon DOB yang dibawa setiap cabang.(**)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here