BOLMORA, KOTAMOBAGU – Pada tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu berencana akan kembali menambah mesin e-Tax untuk dipasang di sejumlah rumah makan, hotel dan tempat hiburan.

Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan Darah (BPKD) Hamka Daun mengungkapkan, diperkirakan mesin e-Tax yang akan kembali dipasang sebanyak 15 unit.

“Tahun ini diperkirakan 15 unit lagi yang akan kita tambah,” kata Hamka, Selasa (13/2/2018).

Ia menjelaskan, pada 2017 pihaknya sudah melakukan pemasangan sebanyak 25 unit, dan untuk pengadaan mesin e-Tax pada 2018 lebih diprioritaskan di tempat rumah makan serta sisanya di hotel dan tempat hiburan.

“Program pemerintah mengenai pembayaran pajak, sepertei pajak elektronik atau lebih dikenal dengan e-Tax, telah berlangsung sejak 2017 lalu,” terangnya.

Ditambahkan, e-Tax merupakan cara pembayaran pajak secara online yang ditujukan kepada usaha yang sistemnya sudah menggunakan komputer. Tujuannya adalah, untuk meningkatkan sistem pengawasan dan pemantauan atas pembayaran wajib pajak kepada usaha tersebut. Selain itu, e-Tax juga merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir kecurangan dalam hal pembayaran pajak.

“Manfaat adanya e-Tax ini memudahkan mekanisme pelaporan dan pembayaran pajak. Jadi, tidak perlu membawa uang tunai dan bon bill,” urai Hamka.(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here