KPUD Bolmut dan Kejari Tanda Tangani Naskah Kesepakatan Kerja Sama

0
34
KPUD Bolmut dan Kejari Tanda Tangani Naskah Kesepakatan Kerja Sama
Penadatanganan naskah kesepakatan kerja sama antara KPUD Bolmut dan Kejari

BOLMORA, BOLMUT – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melakukan penandatanganan naskah kesepakatan kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bolmut.

Ketua KPUD Bolmut faisal Husin mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi sengketa Pilkada yang timbul akibat keputusan KPUD.

“Dalam tahapan Pilkada, keputusan-keputusan KPUD yang dikeluarkan bisa saja menimbulkan efek lanjutan terkait dengan adanya sengketa hukum. Di mana, keputusan KPUD menjadi objek sengketa dan objek kriminalisasi,” ungkap Faisal, Senin 18/12/2017) di ruang pertemuan KPUD Bolmut.

KPUD sendiri berpandangan, dengan dilakukannya penandatanganan naskah kesepakatan ini, akan ada bantuan dan pendampingan hukum dari kejaksaan serta jaksa dan pengacara, jika ada gugatan hukum. Apalagi, Pilkada Kabupaten Bolmut akan dilangsungkan pada bulan Juni-Juli  2018 mendatang, dan tahapannya dimulai pertengahan tahun ini.

“Sehingga itu, dengan adanya kerja sama antara KPUD bersama pihak Kejari, maka bisa membantu penanganan permasalahan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), ketika Pilkada 2018 dilangsungkan. Dalam naska kesepakatan kerja sama ini, terdiri dari 11 pasal, dalam 6 lembar kesepakatan pada perhelatan Pilkda Bolmut tahun 2018 nanti,” urai Faisal.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bolmut, Andi Suharlis, SH, MH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa isi perjanjian itu antara lain tentang surat kuasa khusus terhadap permasalahan ataupun penanganan hukum dan memberikan bantuan hukum, konsultasi hukum dan lain sebagainya.

“Kesepakatan ini penting bagi KPUD. Agar, tahapan Pilkada bisa berjalan secara demokratis, jujur, dan berintegritas, dalam rangka menghadirkan pemimpin ideal di masyarakat. Sebagaimana isi naskah kesepakantan yang telah ditandatangani, kami hanya mendampingi KPUD Bolmut, guna memberikan bantuan hukum dalam penyelenggaraan pemilu,” ujar Andi.(eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here