Pemkab Bolmong Salurkan Paket Bantuan kepada Masyarakat Nelayan

0
22
Pemkab Bolmong Salurkan Paket Bantuan kepada Masyarakat Nelayan
Penyaluran paket bantuan kepada masyarakat nelayan

BOLMORA, BOLMONG — Kepedulian Pemkab Bolmong kepada masyarakat nelayan yang ekonominya masih tergolong rendah, ternyata sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat nelayan yang ada di daerah pesisir pantai Kabupaten Bolmong.

Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di Pelabuhan Labuan Uki, Kecamatan Lolak, Kamis (14/12/2017).

“Penyerahan paket bantuan ini sebagai wujud kepedulian pemkab Bolmong di sektor perikanan dan kelautan. Selain itu, sebagai tindak lanjut program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,” ungkap Yasti.

Menurutnya,  potensi sumber daya alam di sektor kelautan dan perikanan di Bolmong sangat menjanjikan untuk dimanfaatkan khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan.

“Tak bisa kita mungkiri, masyarakat di lima kecamatan yang berada di daerah pesisir pantai Bolmong sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, sehingga guna mendorong, dan meningkatkan serta memaksimalkan produksi perikanan tangkap dan budidaya perikanan, maka pemerintah terus memberikan perhatian khusus dengan memberikan bantuan paket perikanan kepada masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan, seperti yang dilaksanakan saat ini,” urai Yasti.

Dikarakan, selama ini masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan perikanan dan kelautan, serta bagi pembangunan ekonomi masyarakat pesisir dan perdesaan.

“Secara faktual, nelayan dan pembudidaya ikan di Bolmong masih tergolong masyarakat miskin, serta sarana dan prasarana, akses pendanaan dan pembiayaannya sangat terbatas. Sehingga masyarakat nelayan sangat membutuhkan berbagai bantuan dan fasilitas dari pemerintah, guna meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan itu sendiri,” pugkasnya.

Mantan anggota DPR RI dua periode ini menambahkan, dengan disalurkannya bantuan paket perikanan ini, diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, diharapkan juga agar bantuan paket perikanan yang diterima oleh kelompok dapat dimanfaatkan secara bersama-sama, bukan dimanfaatkan dan dipergunakan oleh perorangan atau pribadi.

“Lakukanlah penangkapan ikan dengan perilaku yang ramah lingkungan, dan tidak menggunakan bom ikan. Karena perilaku ini berakibat pada kerusakan lingkungan laut dan matinya biota laut, serta dapat menyengsarakan anak cucu kita ke depan,” imbuhnya.

Diketahui, bantuan paket perikanan yang disalurkan kepada masyarakat nelayan ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017.

Selain menyalurkan paket perikanan dan kelautan, juga dilakukan penyerahan sebanyak 1.858 kartu asuransi nelayan, serta  klaim asuransi nelayan 2017 sebesar Rp200 juta.(tr1/gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here