Yasti Buka Bimtek Manajemen Pengelolaan BUMDes

0
15
Yasti Buka Bimtek Manajemen Pengelolaan BUMDes
Pembukaan BimtekMenajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan usaha ekonomi desa, Rabu (6/12/2017)

BOLMORA, BOLMONG – Desa memiliki potensi yang penting dan strategis sebagai basis penyelenggaraan pelayanan publik. Sehingga itu, untuk dapat menjalankan perannya secara efektif dan efisien, diperlukan adanya pengembangan serta peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi penyelengara pemerintahan desa yang sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat desa. Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Bolmong Yasti Sopredjo Mokoagow, saat membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Menajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan usaha ekonomi desa, Rabu (6/12/2017).

Yasti mengatakan bahwa, desa adalah ujung tombak pemerintahan dan merupakan satu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat.

“Sebagai lembaga pemerintahan yang ada di desa, setiap aparatur pemerintah desa harus mengerti dan memahami kedudukan, tugas dan fungsi serta hak dan kewajiban, sehingga mampu berperan secara maksimal dalam menjalankan tugas,” imbuhnya.

Menurut mantan anggota DPR RI ini, salah satu ukuran keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa adalah, setiap aparatur pemerintah desa semakin mampu memberikan pelayanan dan mampu membawa kondisi masyarakat desa kearah kehidupan yang lebih baik.

“Tujuan bimtek kali ini untuk peningkatan wawasan bagi aparatur pemerintah desa, serta memberikan pengetahuan dan meningkatkan sumber daya aparatur pemerintah desa agar dapat menjalankan roda kepemerintahan dengan baik dan sejalan dengan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Yasti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolmong Albert Tangkere mengungkapkan, sebelumnya juga Pemkab Bolmong sudah menggelar bimtek gelombang pertama, yang diikuti sebanyak 67 sangadi dan 91 sekdes.

“Bimtek gelombang pertama dilaksanakan pada bulan September lalu. Semoga dengan mengikuti kegiatan kali ini, para sangadi dan sekdes bisa lebih mengetahui secara detail terkait pengelolaan Dandes dan dampak yang akan terjadi selanjutnya,” lugasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari (6-9 Desember), oleh Lembaga Manajemen Keuangan dan Ilmu Pemerintahan, yang bertempat di  di Hotel Paragon, Jakarta ini turut dihadiri Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Ketua TP-PKK Lesly Lanny Kaligis, pihak Kementerian Desa, Kejari Kota Kotamobagu, serta para tamu undangan lainnya.(**/gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here