Program Kotaku di Desa Bolangitang II Diresmikan

0
303
Pelaksanaan Program Kotaku di Desa Bolangitang II Diresmikan
Tampak Anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, didampingi Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena, saat meresmikan pelaksanaan program Kotaku
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh, menghadiri peresmian infrastruktur bantuan pemerintah untuk masyarakat tahun 2020, yang dirangkaikan dengan serah terima data hasil pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang bertempat di Desa Bolangitang II, Kecamatan Bolangitang Barat, Selasa (22/12/2020).

Kegiatan ini dihadiri Anggota Komisi V DPR RI Hi. Herson Mayulu S.IP, yang sekaligus secara resmi meresmikan infrastruktur bantuan pemerintah untuk masyarakat tahun 2020 itu, sekaligus melakukan serah terima data hasil pelaksanaan Kotaku, serta menandatangani prasasti program Kotaku, juga dirangkaikan dengan penyerahan 1 unit kenderaan Bus Sekolah, penyerahan profil kegiatan dan penyerahan peneng BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) secara simbolis, kepada 145 kepal keluarga (KK).

Bupati Bolmut Depri Pontoh, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Hi. Herson Mayulu, yang telah memperjuangkan aspirasi untuk menjadikan Kabupaten Bolmut sebagai salah satu daerah di Sulut, untuk pelaksanaan program Kotaku.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapakan selamat datang kepada anggota DPR RI Pak Hi. Herson Mayulu S.IP, yang saat ini berada di tengah-tengah kita. Terima kasih telah memperjuangkan aspriasi masyarakat, dengan mengaharapkan dana aspirasi melalui program Kotaku di Kabupaten Bolmut,” ujar Depri.

Dikatakan, pada tanggal 13 Agustus 2020 yang lalu, telah dilakukan peletakan batu pertama pembagunan drainase dan jalan paving, yang merupakan dua kegiatan pembangunan program Kotaku di Desa Bolangitang II.

Depri menyebut, Desa Bolangitang II dipilih sebagai lokasi pelaksanaan program Kotaku di Kabupaten Bolmut setelah melalui tahpan survei oleh tim fasilitator Kotaku, serta hasil rembug dan kesepakatan dari Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) dengan menetapkan dua kegiatan pembangunan, yaitu pembagunan drainase sepanjang 1.607 meter, dan pembagunan jalan paving sepanjang 794 meter.

“Dananya bersumber dari APBN dan swadaya masyarakat. Waktu pekerjaan yang telah ditetapkan selama 120 hari. Untuk itu, diharapkan dua kegiatan pembagunan ini dapat diselesaikan dengan baik,” ungkapnya.  

Tak lupa pula, selaku pemerintah daerah Depri menyapaiakan terima kasih kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, yang telah memberikan bantuan program Kotaku, yang sangat besar manfaatnya bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam menguragi tingkat kekumuhan.

“Tadi telah kita saksikan bersama penyerahan peneng secara simbolis kepada 145 kepala keluarga sebagai tanda selesainya pembangunan rumah BSPS. Sehingga, dengan demikian tahun 2020 jumlah BSPS di Kabupaten Bolmut sudah sebanyak 646, yang terdiri dari 425 BSPS reguler, 76 BSPS bersumber dari DAK, dan 145 BSPS aspirasi anggota DPR RI Pak Hi. Herson Mayulu S.IP,” papar Depri.

Menurutnya, saat ini pemerintah daerah sedang giat-giatnya mengusulkan penyediaan rumah susun sewa (Rusunawa) bagi tenaga kesehatan di rumah Sakit Umu daerah (RSUD).

“Menurut hemat saya ini sangat dibutuhkan. Karena, hampir sebagian besar tenaga kesehatan di RSUD belum memiliki tempat tinggal, dan saat ini berdomisili cukup jauh dari lokasi rumah sakit,” pungkas Depri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Buapti Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Sekda Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, yang mewakili Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah, Tim Leader Kotaku 8 Sulut, Koordiator program Kotaku wilayah Bolmong, LKM, Camat Bolangitang Barat, kepakla desa dan ketua BPD, serta perangkat desa dan masyarakat umum.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here