Advertorial

Tahllis Berharap Pembangunan Gedung CDC Bisa Menjaga Harga Jagung

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, mewakili bupati Senin (7/12/2020), melakukan peletakkan batu pertama pembangunan infrastruktur pascapanen Corn Drying Center (CDC) Perum Bulog, yang terletak di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak.

Saat peletakkan batu pertama pembangunan Gedung CDC, Sekda Bolmong didampingi Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Kanwil SulutGo Noldi Ramayadi, dan Kepala Bulog BMR Meidin Wongkar, serta sejumlah jajaran pejabat di lingkup Pemkab Bolmong.

Sekda saat menyampaikan sambutan

Sebelum meletekkan batu pertama, dalam sambutannya Sekda Bolmong mengungkapkan pesan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, yang mengucapkan terima kasih karena pembangunan gedung CDC merupakan impian Bupati Bolmong yang sudah direalisasikan. 

“Beliau berharap pembangunan gedung ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan semoga hasilnya seperti yang diharapkan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut),” ucap Tahlis.

Dikatakannya, salah satu janji Bupati Bolmong saat memasuki proses pemilihan bupati beberapa waktu lalu adalah menjamin produksi pangan petani di Bolmong.

“Belau berani manjanjikan seperti itu, karena salah satu maslah petani di Kabupaten Bolmong adalah pascapanen, terutama yang berkaitan dengan jagung,” ujarnya.

Sekda saat melihat pemaparan fungsi pembangunaan gedung

Ia juga berharap, dengan hadirnya Gedung CDC atau pusat pengeringan dapat menjamin stabilitas harga. Agar petani di Bolmong bisa termotivasi meningkatkan produksi jagung.

“Jika melihat produksi pangan, di Kabupaten Bolmong itu sangat tinggi sekali. Akan tetapi, ada ke khawatiran masyarakat ketika produksi tinggi dan musim tidak mendukung. Sebab, di sini banyak musim hujan, banyak jagung yang rusak. kKetika jagung rusak banyak mempengaruhi harga. Dengan hadirnya Gedung  CDC ini, semoga bisa mengatasi masaalah petani jagung di Bolmong,” harap Tahlis.

Foto bersama usai pelaksanaan peletakkan batu pertama

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan Kanwil SulutGo Noldi Ramayadi mengatakan, pembangunan Gedung CDC ini tidak lain adalah program pemerintah pusat yang difasilitasi oleh Pemkab Bolmong, dengan memberikan lahan hibah kepada Perum Bulog seluas 13 hektare. 

“Pembagunan gedung CDC ini diperkirakan akan rampung di tahun 2021. Untuk tahap awal akan dibangun tiga silo. Di mana satu silo bisa mengisi kapasitas 3.000 ton, jika tiga silo itu berarti dapat menampung 9.000 ribu ton,” jelasnya.

Ia meyakini kapasitas 9.000 ton dalam seminggu dapat menampung produksi jagung di Kabupaten Bolmong, bahkan dari kabupaten lain.  

“Dengan hadirnya gedung ini pasti bisa membangkitkan semangat peteni jagung di Bolaang Mongondow Raya,” ungkapnya.

(Advertorial/Agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button