Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Penyusunan RKA dan Laporan Dana Bos

0
112
Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru dan Jajaran Pemkab Bolsel saat pembukaan Bimtek Penyusunan RKA dan Dana Bos

BOLMORA.COM, BOLSEL — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan penyusunan Laporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selasa 3 November 2019

Kegiatan yang digelar di Hotel Sutan Raja dibuka langsung oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, dan diikuti oleh Kepala Inspektorat serta seluruh Kepala Sekolah baik negeri dan swasta.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengatakan, bahwa Bimtek ini adalah satu diantara upaya lainnya dalam rangka pemantapan penyusunan RKA serta laporan pertanggungjawaban keseluruhan dana BOS tahun 2019.

Loading...

“Juga persiapan penginputan RKAS tahun 2020 yang nantinya menjadi RKA dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” ujar Bupati.

Bupati juga berharap dengan mengikuti kegiatan Bimtek para kepala sekolah, bendahara, dan operator BOS bisa meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Rante Hattani mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi para peserta agar tertib administrasi dan pelaporan dalam pengelolaan dana BOS 2019 dan 2020.

“Manfaatkan kegiatan Bimtek ini untuk menambah ilmu,” harapnya.

Kegiatan ini yang berlangsung selama dua hari ini juga memaparkan beberapa materi, diantaranya penatausahaan, penganggaran dan pertanggungjawaban pelaporan penggunaan dana BOS, regulasi dan implikasi penggunaan dana BOS.

Selain itu ada pula materi pengendalian dan sanksi penggunaan dana BOS, penyusunan perencanaan dan penganggaran dana BOS, pendataan Dapodik, penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) serta teknis entry RKAS.

(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here