Ketua PWI Kota Kotamobagu Minta Korban Dugaan Pemerasan Oknum Wartawan untuk Melapor

0
362
Ketua PWI Kota Kotamobagu Minta Korban Dugaan Pemerasan Oknum Wartawan untuk Melapor
Ketua PWI Kota Kotamobagu Gunady Mondo

BOLMORA.COM , KOTAMOBAGU – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Kotamobagu terpilih periode 2019-2022 Gunady Mondo, mengecam keras tindakan dugaan pemerasan yang dilakukan oknum-oknum mengaku wartawan, terhadap sejumlah kepala sekolah, di Kota Kotamobagu.

“Akhir-akhir ini banyak laporan yang masuk terkait maraknya dugaan pemerasan yang dilakukan oknum mengaku wartawan. Jika benar mereka adalah wartawan, maka perbuatan tersebut telah mencoreng profesi wartawan dan melanggar Undang-undang Nomor 40 tentang Pers,” kata Gunady.

Dia menegaskan, perbuatan yang dilakukan oknum  wartawan tersebut tidak hanya melanggar Kode Etik dan Undang-undang Pers, tapi juga pelanggaran Undang-undang Pidana Umum.

Loading...

Untuk itu, Gun sapaan akrabnya meminta kepada masyarakat untuk lebih cerdas, dengan memahami tugas dan fungsi wartawan. Karena, seorang wartawan dalam melakukan peliputan dilarang meminta atau menerima imbalan apapun dari narasumber.

“Jika ada wartawan yang datang kepada narasumber dan mengancam akan memuat sebuah berita jika tidak dikasih uang, itu patut di pertanyakan. Saya minta kepada para korban, jangan segan-segan melaporkannya kepada Polisi,” tegasnya.

Dikatakan, PWI akan melakukan investigasi langsung ke lapangan terkait adanya laporan oknum wartawan yang berkeliaran melakukan pemerasan.

“Kepada oknum wartawan, jika terbuti adalah anggota PWI, maka akan ditindak tegas. Bisa saja KTA yang bersangkutan akan dicabut. Bahkan, kami tidak segan-segan melaporkan oknum tersebut ke aparat penegak hukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” cetus Gun.

Sebelumnya, sejumlah media mempublis berita terkait dugaan adanya pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan. Yang mana, modus para oknum wartawan tersebut mendatangi sekolah dan meminta uang dengan cara berbeda. Ada yang menawarkan membantu memperbaikai saluran air, ada juga dengan cara meminta partisipasi penerbitan piagam penghargaan.

(Tim Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here