BP2MI Wilayah SulutGo Kembali Fasilitasi Pemulangan PMI ke Daerah Asal

0
BP2MI Wilayah SulutGo Kembali Fasilitasi Pemulangan PMI ke Daerah Asal
Penjemputan PMI oleh BP2MI Wilayah SulutGo, yang dipulangkan dari Malaysia ke daerah asalnya
Advertisement

BOLMORA.COM, SULUT – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) wilayah Sulawesi Utara-Gorontalo (SulutGo) kembali memfasilitasi pemulangan satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terkendala ke daerah asalnya, yakni di Kabupaten Minahasa. Pemulangan dilakukan berdasarkan surat serah terima PMI dari BP2MI Kalimantan Utara.

Kepala BP2MI Kalimantan Utara KomPol. F.J. Ginting mendampingi langsung PMI terkendala, dan setibanya di Bandara Samratulangi langsung menyerahkan tanggung jawab kepada Balai BP2MI SulutGo.

Kepala BP2MI wilayah SulutGo Hendra Makalalag mengatakan, berdasarkan keterangan yang didapatkan dari PMI, yang bersangkutan masuk ke Malaysia secara non-prosedural.

“Si PMI ini mengakui bahwa dirinya berangkat ke Malaysia secara non-prosedural. Setibanya di sana, yang bersangkutan kemudian ditempatkan untuk bekerja. Namun majikan yang bersangkutan tidak memberikan kontrak kerja, sehingga pada akhirnya mengalami masalah dengan majikannya” jelasnya.

Dikatakan bahwa, PMI tersebut kemudian lari ke KJRI Malaysia untuk mendapatkan perlindungan.

“Menurut keterangan PMI, karena tidak tahan akhirnya dia melarikan diri ke KJRI 2233e2 yang ada di Malaysia untuk meminta perlindungan, dan akhirnya dipulangkan ke daerah asal pada Kamis (3/11/2022) hari ini.

“Kami langsung menjemput PMI itu, dan langsung memulangkan yang bersangkutan ke daerah asalnya, di Desa Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, serta sudah diterima dengan baik oleh keluarga yang bersangkutan, didampingi oleh pemerintah daerah setempat,” beber Hendra.

Menurutnya, fasilitasi pemulangan ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk melindungi seluruh masyarakat, dan juga bagian dari pelayanan BP2MI untuk melindungi PMI dan seluruh keluarganya.

“Fasilitasi pemulangan PMI merupakan bentuk komitmen BP2MI untuk memberikan pelayanan VVIP kepada PMI dan keluarganya. Untuk itu, BP2MI wilayah SulutGo akan melaksanakan tugas ini dengan semaksimal mungkin tanpa memandang waktu,” tutup Hendra.

(*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here