Kejar Target, Pemkab Bolsel dan Polres Pacu Vaksinasi kepada Masyarakat

0
209
Kejar Target, Pemkab Bolsel dan Polres Pacu Vaksinasi kepada Masyarakat
Data Vaksinasi Kabupaten Bolsel
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum terus dilakukan di semua daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Di Kabupaten Bolsel sendiri, giat pelaksanakan vaksinasi dilakukan  secara door to door hingga ke desa-desa. 

Sebelumnya, pada 18 Oktober 2021, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru melakukan rapat konsolidasi bersama kepala desa se-Kabupaten Bolsel, yang juga melibatkan Polri, Dinas Kesehatan, kepala OPD serta para camat. Hala itu dilakukan guna percepatan vaksinasi kepada masyarakat, dengan target pada akhir November ini Kabupaten Bolsel sudah mencapai 80 persen. Akan tetapi, hingga (30/11/2021), capaian vaksinasi masih berada di bawah 80 persen.

Sesuai data dari Dinans Kesehatan Bolsel per tanggal 30 November 2021, dengan total sasaran vaksinasi 52.696 untuk tahap satu, baru 33.116 (62,8 persen), sedangkan untuk tahap dua barau 12.070 (22,9 persen). 

Kendati demikian, tak menyurutkan semangat Pemkab Bolsel untuk mencapai target vaksinasi, walau waktu tinggal 30 hari lagi. Berbagai strategi dilakukan oleh pemerintah dan pihak kepolisian. 

Bupati Iskandar Kamaru, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan memacu program vaksinasi hingga mencapai 80 persen.

“Vaksinasi di semua kecamatan hingga desa akan dipacu. Agar target 80 persen segera terealisasi,” ujarnya. 

Ketika ditanya strategi apa yang dilakukan agar target segera tercapai, bupati periode kedua pilihan masyarakat Bolsel ini mengungkapkan, pihaknya akan menggunakan strategi sama dengan sekarang yang dilaksanakan, yakni melakukan jemput bola dengan melaksanakan vaksinasi di setiap desa. 

“Saat ini, vaksinasi digelar tiap hari di setiap kantor desa dan sekolah. Pemerintah desa, pimpinan OPD yang dibantu TNI dan Polri, sedang giat-giatnya melakukan edukasi kepada masyarakat di mana mereka berdomisili. Karena, cara ini sudah efektif untuk meningkatkan hasil capaian vaksinasi. Buktinya, dalam waktu sebulan saja masyarakat yang melakukan vaksinasi bisa naik signifikan,” ungkap Iskandar.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Kapolres Bolsel AKBP. Ketut Suryana, SIK, mengungkapkan pihaknya saat ini giat membantu pemerintah daerah untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat. 

“Kita lakukan dengan cara dengan cara door to door ke rumah masyarakat. Kita mengajak masyarakat yang belum vaksin agar segera melakukan vaksinasi. Jika masyarakat jauh dari lokasi vaksinasi, anggota kami siap menjemput dan megantarkan kembali pulang ke rumah,” pungkasnya. 

Kapolres menambahkan, jika target belum tercapai, pihaknya akan melakukan penyekatan di pintu masuk Kabupaten Bolsel dengan mendirikan posko-posko. 

“Nantinya akan didirikan posko-posko di pintu masuk Bolsel. Di mana, setiap orang yang masuk Bolsel wajib memiliki kartu vaksinasi. Jika yang bersangkutan belum vaksin, maka akan divaksin langsung di posko tersebut,” tegas AKBP Ketut Suryana. 

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here