Dinas Perikanan Restocking Nila di Danau Hutan Kota Tutuyan Boltim

0
364
Dinas Perikanan melepaskan benih Ikan Nila di Danau Pandebulan Hutan Kota Tutuyan Boltim
Dinas Perikanan melepaskan bibit Ikan Nila di Danau Pandebulan Hutan Kota Tutuyan Boltim
Advertisement

BOLMORA.COM , BOLTIM – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memiliki banyak kelebihan dibanding dengan daerah lain di Sulawesi Utara (Sulut) terkait destinasi wisata.

Selain mempunyai beberapa pantai yang cukup eksotis sehingga menarik minat turis lokal maupun luar, beberapa air terjun tinggi yang cukup indah, gugusan hijau pegunungan nan elok, Boltim juga memiliki 7 Danau yang sangat menarik dijadikan spot wisata.

Guna menjaga dan melestarikan ke- 7 Danau ini, Dinas Perikanan mulai melakukan Restocking atau pelepasan bibit-bibit ikan terutama jenis Ikan Nila.

Setelah sebelumnya melakukan Restocking di Danau Mooat, Tondok, Buyat dan Bunong, Kamis (25/11/2021) sore tadi bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut, Dinas Perikanan Boltim melepaskan sebanyak 129 ribu benih Ikan Nila di Danau Pandebulan yang terletak di Hutan Kota Tutuyan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada ibu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut yang telah membantu mendistribusi benih/bibit Nila untuk di Restocking di Danau Pandebulan Tutuyan,” Ungkap Kepala Dinas Perikanan Boltim, Nasaruddin Paputungan.

Menurutnya, Selain Mooat dan Tondok yang sudah menjadi tempat tujuan wisata oleh masyarakat, Pandebulan juga bisa menjadi salah satu spot wisata potensial karena letaknya di ibukota. Disamping dapat menikmati keindahan Danau, sekaligus juga menjadi tempat pemancingan Ikan Air Tawar.

“Kami menghimbau agar masyarakat sekitar Danau tidak menangkap Ikan menggunakan Jaring atau Pukat. Penangkapan ikan dengan cara dipukat sangat berpengaruh terhadap populasi Ikan, apalagi pukat yang yang matanya kecil,” Terang Nasaruddin.

Dirinya berharap, dengan penebaran benih Ikan Nila di Danau, dapat meningkatkan populasi ikan air tawar di Perairan Umum Darat (PUD) khususnya Danau.

“Boltim memiliki 7 Danau dan ini harus kita jaga bersama. Restocking ini juga diharapakan dapat meningkatkan gizi masyarakat lewat ikan, khususnya ikan nila. Selain itu, dengan penambahan stok ikan di tempat umum khususnya Danau, meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar lokasi tersebut,” Harapnya.

Perlu diketahui, 7 Danau yang berada di Boltim yakni Mooat, Tondok, Motongkad, Bunong, Pandebulan Tutuyan, Buyat dan Danau yang berada di Pulau Nenas.

(RG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here