Pemkab Bolmong Gelar Bimtek SIPD

0
564
Pemkab Bolmong Gelar Bimtek SIPD
Sekda Bolmong Tahlis Gallang menyampaikan sambutan saat membuka kegiatan Bimtek SIPD

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang diikuti seluruh pimpinan dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bolmong.

Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Grand Luley Manado, Jumat (20/11/2020) itu, dibuka secara resmi  oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang.

Foto 2: Suasana Pembukaan Kegiatan Bimtek SIPD pemkab Bolmong

Dalam sambutan dan arahannya, Tahlis mengatakan, sejatinya penggunaan aplikasi SIPD bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, partisipatif, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran, dalam rangka mengintegrasikan dan menyelaraskan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

“SIPD  ini adalah penyatuan berbagai aplikasi yang berhubungan dengan pengelolaan perencanaan keuangan daerah, yang ditahun sebelumnya berbeda di setiap kabupaten kota. Untuk tahun 2021, kita hanya memakai aplikasi SIPD,” ungkapnya.

Ditambahkan, mengingat sistem ini baru digunakan, maka tentu perlu diberikan bimbingan dan pelatihan kepada para pengguna, tentang cara mengoperasionalkan aplikasi SIPD tersebut.

“Saya rasa semua sudah tidak asing lagi dengan SIPD. Tapi, secara detail masih perlu bombingan teknis. Nah, di sini akan diberi pemahaman secara detail,” tandas Tahlis.

Foto 3: Suasana Pembukaan Kegiatan Bimtek SIPD pemkab Bolmong

Menurutnya, di tahun 2021 tidak lagi dimungkinkan menggunakan aplikasi yang berbeda, harus menggunakan satu aplikasi SIPD. Sistem penganngaran dan perencanaan sebenarnya sama dengan aplikasi yang kita gunakan sebelumnya. Tetapi, dengn verifikasi dan klasifikasi yang berbeda.

“Dengan aplikasi SIPD, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa memantau permasalahan terkait perencanaan, pengenggaran maupun pelaksanaan anggaran di tinggkat daerah. Mereka bisa melihat total dana transfer dari pemerintah pusat, serta kegiatan mana yang digunakan untuk berhubungan langsung dengan masyarakat. Sehingga, bisa menjadi bahan evaluasi dan disampaiakan ke kementrian terkait,” jelas Tahlis.

Foto 4: Suasana Pembukaan Kegiatan Bimtek SIPD pemkab Bolmong

Kegiatan Bimtek SIPD ini disambut baik oleh Kemendagri, yang dibuktikan dengan hadirnya narasumber dari Tim SIPD Kemendagri Yanwar Andriana Putra bersama yang lainnya. Sehingga, peserta bimtek diberikan pencerahan dan pemahaman lebih dalam, terkait bagaimana mengaplikasikan SIPD secara maksimal.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, dan angota Banggar DPRD Bolmong, serta pimpinan dan jajaran OPD di lingkup Pemkab Bolmong.

(Advertorial/Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here