Kapolres Bolmong Imbau Warga Dumoga dan Pinonobatuan untuk Saling Menahan Diri

0
124
Kapolres Bolmong, AKBR Indra Pramana.

BOLMORA.COM, HUKRIM – Kapolres Bolaang Mongondow (Bolmong) AKBP Indra Pramana mengimbau masyarakat Desa Dumoga dan Pinonobatuan yang bertikai untuk saling menahan diri.

“Saya menghimbau kepada masing-masing warga, agar saling menjaga diri, jaga emosi, hilangkan rasa permusuhan, serta saling bahu membahu dalam membangun Kabupaten Bolmong agar aman tentram dan sejahtera, karena kita semua bersaudara,” ujar Kapolres.

Pantauan BOLMORA.COM, hingga hari ini aparat Polsek Dumoga Timur terus melakukan langkah persuasif, dengan mengunjungi warga satu persatu untuk memberi nasehat, agar tidak bertikai. Begitu pun kepada kalangan tokoh masyarakat dan tokoh agama diminta berperan untuk turut membantu mendinginkan suasana.

Loading...

Terinformasi juga, situasi di kedua desa tersebut masih dalam suasana menegangkan. Mereka masih saling berjaga jaga. Sementara itu pihak aparat kepolisian juga bersiaga di perbatasan desa dan sejumlah titik rawan.

Dari hasil keterangan pihak kepolisian, bentrok antar warga ini karena dipicu dendam lama. Dimana pada tanggal 29 September 2019 lalu, iring-iringan kendaraan warga Desa Pinonobatuan yang tengah menjemput jenazah, tiba-tiba diserang oleh warga Desa Dumoga.

Akibat serangan tersebut, warga Desa Pinonobatuan berjanji akan melakukan aksi balasan tepat pada 40 hari kematian jenazah. Janji itu kemudian ditepati pada hari pahlawan 10 November 2019 tiga hari lalu.

Serangan balasan ini memakan korban sebanyak 23 orang, yang terkena peluru senapan angin dan tikaman tombak. 17 korban berasal dari desa Pinonobatuan, dan 6 dari desa Dumoga. Sedangkan dua korban dari desa Pinonobatuan mengalami luka serius hingga dirujuk ke rumah sakit.

Kronologisnya, warga Pinonobatuan menyerang dari arah Desa Modomang, melewati saluran Irigasi, yang berada dibelakang kantor Mapolsek Dumoga Timur.

Kejadian ini juga membuat sejumlah warga yang tinggal di perbatasan harus mengungsi untuk sementara, demi menghindari hal-hal yang diinginkan.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here