Mampu Tutup Aktivitas PETI di Blok Bakan, Kapolda Sulut dapat Apresiasi dari LSM

0
74
Mampu Tutup Aktivitas PETI di Blok Bakan, Kapolda Sulut dapat Apresiasi dari LSM
Proses penutupan dan pembokaran lokasi Pertambangan Tanpa Izin di Bakan

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kepemimpinan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol. Sigid Tri Hardjanto, yang mampu menghentikan aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Blok Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menuai apresiasi dari berbagai pihak. Salah satu di antaranya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lidik Pro.

Sebelumnya, pelarangan aktivitas PETI di Blok Bakan hanya diindahkan sementara oleh para oknum pengusaha PETI. Setelah sepekan berjalan, para oknum pengusaha PETI kembali melakukan aktivitasnya, bahkan makin merajalela dengan menggunakan alat berat.

Namun , sudah hampir 3 bulan terakhir, aktivitas para oknum pengusaha PETI di Blok Bakan yang menggunakan alat berat sudah tak tampak lagi. Kendati beberapa pekan lalu ada saja oknum pengusaha yang coba-coba memaksakan penggunaan alat berat di lokasi tambang emas illegal tersebut. Rencana tersebut pun sempat tercium, dan langsung dihentikan oleh pihak Polda Sulut.

Pun Koordinator Massa LSM Lidik Pro Parindo Potabuga angkat bicara  atas sikap tegas Polda Sulut, yang melakukan penutupan lokasi PETI itu.

“Dengan kepemimpinan Kapolda Sulut Irjen Pol. Sigid Tri Hardjanto, ternyata mampu menghentikan aktivitas PETI di Blok Bakan, ini patut diapresiasi. Saya berharap, konsistensi Polda Sulut dalam penutupan lokasi PETI di Blok Bakan tetap harus terjaga,” ujar Parindao, Selasa (5/11/2019).

Kendati demikian, Parindo menyebut kemungkinan ada upaya-apaya dari oknum pengusaha PETI untuk bisa kembali melakukan aktivitas di Blok Bakan.

“Bisa saja ada upaya dari oknum pengusaha PETI untuk melakukan lobi-lobi agar mereka bisa melakukan aktivitas kembali. Namun kami sangat yakin, dengan kepemimpinan Irjen Pol. Sigid Tri Hardjanto sebagai Kapolda Sulut, dan selama itu tak mengatongi izin, pasti akan ditindak tegas,” cetusnya.

(Gun Mondo)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here