Advertorial

Ketua KPU RI Hadir pada Kegiatan Raker dan Konsolidasi Penyelenggara Pilkada

Kehadiran Ketua KPU RI Merupakan Momen Bersejarah Bagi KPU Bolmong

BOLMORA, ADVERTORIAL – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat (4/11/2016), menggelar rapat kerja (Raker) dan Konsolidasi penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolmong Tahun 2017, yang dipusatkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) SMK Yadika, Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan.

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, dijemput dengan adat penjemputan khas Bolmong
Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, dijemput dengan adat penjemputan khas Bolmong

Pada raker yang dihadiri sekira 1.250 orang itu, KPU Bolmong menghadirkan Ketua KPU Republik Indonesia (RI) Juri Ardiantoro.

Ketua KPU Bolmong Fahmi Ghazali Gobel, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, yang telah meluangkan waktu dan datang mengunjungi tanah Totabuan, meski di tengah kesibukan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai penyelenggara Pemilu di Pusat.

Ketua KPU Bolmong Fahmi Ghazali Gobel, saat menyampaikan sambutan
Ketua KPU Bolmong Fahmi Ghazali Gobel, saat menyampaikan sambutan

Menurutnya, ini merupakan hari yang istimewa dan bersejarah bagi KPU Bolmong, karena pada kegiatan raker dan konsolidasi yang melibatkan seluruh penyelenggara pemilu di Kabupaten Bolmong dihadiri Ketua KPU RI. Dikatakan Fahmi, hingga saat ini sudah beberapa tahapan Pilkada Bolmong yang dilaksanakan pihaknya. Untuk itu ia berharap, Ketua KPU RI dapat memberikan wejangan terkait pelaksanaan Pilkada Bolmong yang akan dilangsungkan pada 15 Februari 2017 mendatang. Tentunya, penyampaian ketua KPU RI nantinya akan bisa bermanfaat dalam kesuksesan Pilkada Bolmong yang Beradab, Beradat dan Bermartabat.

Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, saat menyampaikan sambutan
Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, saat menyampaikan sambutan

Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, dalam kesempatan memberikan sambutan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada KPU Bolmong yang telah memprakarsai kegiatan penting dan sangat strategis ini.

Tak lupa, Watung menyapa Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, dengan bahasa Mongondow “Niondon Dega”, yang jika diartikan dengan bahasa Indonesia (selamat datang atau telah datang).

Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, saat menyampaikan wejangan terkait Pilkada
Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, saat menyampaikan wejangan terkait Pilkada

Dalam kesempatan itu pula, Watung berharap, kehadiran Ketua KPU RI dapat membawa suasana baru dalam penyelenggaraan Pemilukada yang damai, beradab, beradat dan bermartabat, khususnya di Kabupaten Bolmong

Disampaikannya, pelaksanaan raker dan konsolidasi penyelengara Pemilu tahun 2017 ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun silahturahmi dan kebersamaan, sekaligus sebagai wujud kesiapan semua penyelenggara Pemilu, baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Agar, Pemilu pada tanggal 15 Februari 2017 dapat terlaksana dengan damai, beradab, beradat dan bermartabat, serta berintegrasi dan berkualitas.

Suasana pembukaan kegiatan Raker dan Konsolidasi Penyelenggara Peilkada Bolmong Tahun 2017
Suasana pembukaan kegiatan Raker dan Konsolidasi Penyelenggara Peilkada Bolmong Tahun 2017

Sementara itu, Ketua KPU RI Juri Ardiatoro, menegaskan penyelenggara Pemilu harus bersifat netral, dan tidak boleh terpengaruh dengan tim sukses maupun pasangan calon. Penyelenggara harus bersikap tegas dan bisa menjaga diri dari kemungkinan penyelahgunaan kewenangan sebagai penyelenggara. Harus berdiri di tengah-tengah serta memperlakukan pasangan calon secara adil.

Pembacaan Sumpah oleh Anggota PPK dan PPS
Pembacaan Sumpah oleh Anggota PPK dan PPS

Selain itu, penyelenggara dalam hal ini KPUD, PPK maupun PPS harus kompak untuk mensukseskan Pilkada Bolmong yang aman dan damai. Sebab, KPU dan Panwaslu adalah sama-sama penyelenggara Pemilu. Meski demikian, seluruh kegiatan dan tahapan yang dilakukan oleh KPU, PPK, PPS, semua diawasi oleh Panwaslu. Maka dari itu harus bekerja dengan profesional.

Diharapkan kapada para anggota KPUD, PPK dan PPS dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu. Pun demikian, semua wajib pilih harus masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Tampak unsur Forkopimda bersama Penjabat Bupati Bolmong, ketua DPRD Bolmong, Ketua KPU RI dan Ketua KPU Bolmong
Tampak unsur Forkopimda bersama Penjabat Bupati Bolmong, ketua DPRD Bolmong, Ketua KPU RI dan Ketua KPU Bolmong

Juri Ardiantoro mengatakan, maksud kedatangannya di Kabupaten Bolmong, adalah untuk menyaksikan secara langsung kesiapan tahapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 15 Februari mendatang. Selain itu, kedatangan dirinya ke tanah Totabuan juga sekaligus konsolidasi penyelenggaraan Pilkada guna memastikan dan menyamakan persepsi antara KPU RI dengan KPU Kabupaten dan Kota agar dalam pelaksanaan Pilkada seslalu berpedoman pada Undang-Undang (UU), Peraturan KPU (PKPU) dan aturannya lainnya.

Pembacaan laporan kegiatan oleh Komisioner KPU Deandels Somboadile
Pembacaan laporan kegiatan oleh Komisioner KPU Deandels Somboadile

Kegiatan raker dan konsolidasi penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Tahun 2017, yang diawali dengan laporan Komisioner KPU Bolmong Deandels Somboadile tersebut, dihadiri oleh seluruh anggota KPU Bolmong, anggota PPK dan PPS se-Bolmong Raya, Penjabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, Ketua DPRD Bolmong Welti Komaling, para anggota DPRD, Unsur Forkompida, Bawaslu Sulut, Panwaslu Bolmong, Ketua KPU Sulut Yessy Momongan beserta komisioner, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, serta seluruh Ketua dan Komisioner KPU se-Bolaang Mongondow Raya.(adve/gun’s)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button