Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Dorong Produk Lokal Dijual di Ritel Saat Buka Pelatihan Kewirausahaan

0
Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Dorong Produk Lokal Dijual di Ritel Saat Buka Pelatihan Kewirausahaan
Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Dorong Produk Lokal Dijual di Ritel Saat Buka Pelatihan Kewirausahaan
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Pejabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit  memberikan angin segar bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bolmong.

Limi menegaskan, pengusaha Ritel seperti Indomaret dan Alfamart harus memberikan ruang kepada para pelaku UMKM di Bolmong untuk memasarkan produk mereka.

Hal itu dikatakan saat membuka pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM sekaligus penandatangan MoU dengan PT Indomarco di ballroom Sutan Raja Kotamobagu Senin 19 September 2022.

Menurutnya, produk yang dari pelaku usaha di Bolmong wajib diakomodir untuk dijual di Indomaret hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Kebijakan ini kata Limi, menyikapi banyaknya usaha ritel baru di Bolmong.

“Indomaret wajib menjual produk UMKM lokal Bolmong,” kata Limi.

Selain itu Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong diharapkan untuk mengawal para pelaku UMKM dengan harapan pelaku UMKM mendapatkan kemudahan dalam memperoleh kemasan yang layak dengan harga yang lebih murah. Sehingga mampu memperbaiki nilai jual.

“Itu upaya yang kita lakukan selain dari upaya regulasi, yang kita bangun bagaimana UMKM kita bisa masuk pasar ritel bukan hanya di Bolmong tetapi Indonesia,” katanya.

Ada dua sektor yang bertahan di masa Pandemi COVID-19. Limi berujar dua sektor itu yakni  UMKM dan pertanian.

Pelatihan dan pendidikan kewirausahaan mandiri ini diharapkan akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat secara konsisten.

Branch manager PT Indomarco Pris mata Saptaji Prihantoro pelatihan yang digelar ini melibatkan 100 pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bolmong.

Saptaji mengatakan, jika selama ini muncul stikma bahwa kehadiran Indomaret mematikan para pelaku UMKM. Padahal kehadiran PT Indomarco katanya justru akan membantu para pelaku UMKM untuk menjual produk lokal, termasuk UMKM di Bolmong.

Dia membeberkan, sudah ada 70 produk se Sulut sudah dijual di Indomaret.

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini, produk UMKM Bolmong sudah bisa dipajang di rak-rak Indomaret di Sulut. Namun tentunya dengan kemasan dan harga sesuai.

Pada pelatihan yang dilakukan ini, merupakan rangkaian Sembilan tahun PT Indomarco hadir di Kabupaten Bolmong.

PT Indomarco akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi produk UMKM Bolmong. Tapi tentu sudah label halal-nya,” kata dia. (AGUNG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here