Arahan Kapolri Terkait Penertiban PETI, Warga Minta APH Tindaki Galian C Ilegal di Dekat Jembatan Lolayan

0
Aktivitas Galian C di Bantaran Sungai Loloyan Yang Menggunakan Alat Berat
Advertisement

BOLMORA.COM, HUKRIM — Aktivitas Galian C Ilegal di lokasi Sungai Lolayan, Kecamatan Lokayan, Bolmong, semakin hari dampak yang ditimbulkan makin parah.

Bentangan sungai yang semakin melebar, pendalaman dan pencemaran udara membuat masyarakat dan pengendara terganggu dengan aktivitas tersebut.
Lebih parahnya, aktivitas tersebut dilakukan dekat dengan jembatan penghubung beberapa desa di kecamatan Lolayan.

Pengikisan Pinggiran Sungai Lolayan Akibat Aktivitas Galian C


Pantauan wartawan media ini, Selasa, (20/09/2022), diduga akibat aktivitas Galian C tersebut tanggul penahan banjir yang dibangun di bawah jembatan Lolayan telah rusak karena terbawa air. Hal ini terjadi karena sungai dibawahnya telah mengalami pendalaman dan bentangan yang telah melebar dari kondisi aslinya.


” Cuman banjir kecil yang bekeng rusak itu tanggul penahan. Material batu deng pasir pecapat dia mo kabawa karena dibawa so dolong dorang jaga gale deng alat berat (Hanya banjir kecil yang membuat tanggul rusak. Batu dan pasir cepat terbawa air ke arah bawah karena sungai di bawah sudah dalam akibat di gali alat berat). ” Tutur warga dengan logat lokal.


Begitu halnya yang dikeluhkan pengendara motor, bahwa akibat aktivitas galian C yang dilakukan dekat dengan jalan raya tersebut mengakibatkan polusi udara. Mulai dari mata perih hingga sesak pada pernapasan.
Olehnya, sesuai dengan instruksi Kapolri, warga meminta Polisi (APH) secepatnya menindaki Galian C Ilegal tersebut sebelum dampak yang ditimbulkan makin parah.


Dan kepada Dinas Lingkungan Hidup, Bolmong, juga diminta bersama-sama APH turun ke lokasi dan lakukan penerbitan terhadap galian C ilegal tersebut.
Selaras dengan itu, beberapa waktu lalu Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajarannya berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap institusi polri. Caranya, tidak segan untuk menindak seluruh aktivitas terlarang, misal judi online, tambang ilegal, pungli, dan lainnya.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak-pihak terkait sedang dalam upaya konfirmasi.
( Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here