Diduga Lakukan Pungli, Imam Santoso : Saya Hanya Disuruh Operator

0
Foto Sekretaris Dinas Dukcapil Bolmut Imam Santoso
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menuai sorotan dari masyarakat. Pasalnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinakhodai oleh Parmin Mokodompis, S.Pd, ini diduga salah satu pejabatnya melakukan Pungutan liar (Pungli) pada masyarakat yang ingin melakukan pengurusan berkas.

Pada hal sudah menjadi tugas dan fungsi Dinas Dukcapil untuk melaksanakan urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan azas otonomi dan tugas perbantuan.

Yang meliputi, melaksanakan pendaftaran dan pencatatan, memeriksa dan meneliti berkas pencatatan, mengelola data serta penerbitan akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian, akta pengakuan anak. Dan itu semua adalah tugas pokok Dukcapil serta tidak dipungut biaya, hal itu dipertegas Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 79 A.

Sebelumnya, Lelaki RK (42) warga Kecamatan Bintauna mengaku dimintakan sejumlah uang oleh Sekretaris Dukcapil Bolmut untuk kepengurusan berkas administrasinya.

Sementara itu, Sekretaris Dukcapil Imam Santoso saat dimintai konfirmasi dan klarifikasi diruang kerjanya, Kamis (08/09/2022), tidak membantahnya dan membenarkan bahwa dirinya telah meminta sejumlah uang kepada yang bersangkutan, namun dikarenakan operator yang menyuruhnya.

“Iya benar ada permintaan sejumlah uang kepada yang bersangkutan. Tapi itu bukan keinginan saya, melainkan permintaan salah satu operator,” katanya.

Terpisah, operator Dukcapil Bolmut saat dimintai tanggapannya mengaku menyesalkan pernyataan Sekretaris Dukcapil Imam Santoso, Jumat (09/09/2022).

“Hubungan kami dengan beliau hanya sebatas bawahan dan pimpinan, bagaimana mungkin kami bisa menyuruh-nyuruh beliau, apa lagi melakukan perbuatan tidak terpuji. Kami sudah biasa dikambinghitamkan,” ucap operator Dukcapil sembari meminta agar namanya jangan dipublis.

(Awal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here