Bupati dan Wabup Bolsel Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Alat Tangkap kepada Nelayan

0
765
Bupati dan Wabup Bolsel Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Alat Tangkap kepada Nelayan
Bupati Iskandar Kamaru saat menyerahkan bantuan
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan, berupa alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan di Desa Pinolosian Selatan, Kecamatan Pinolosian, Selasa (7/9/2021).

Bupati Iskandar Kamaru mengatakan, saat ini sektor perikanan dan kelautan masih menjadi andalan mata pencaharian masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. 

“Sampai saat ini, sebagian masyarakat Bolsel mengandalkan sektor kelautan sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid saat meyerahkan bantuan

Perikanan dan kelautan adalah salah satu sektor unggulan yang mempunyai peran penting dalam memacu tingkat pertumbuhan ekonomi daerah. 

“Sektor perikanan dan kelautan masih menjadi sektor unggulan untuk pertumbuhan ekonomi di daerah. Apalagi hampir semua wilayah di Bolsel berada di pinggir garis pantai,” kata orang nomor satu di Bolsel ini. 

Bupati juga menambahkan, di masa pandemi ini, yang perlu mendapat perhatian dalam pembangunan perikanan dan kelautan ialah bagaimana mengembangkannya.

“Serta mengoptimalisasikan pemanfaatan sumber daya yang ada, sehingga memperoleh hasil yang optimal tanpa merusak kelestarian sumber dayanya,” ujarnya.

Bupati saat menyampaikan sambutan

Dikatakan pula, sektor perikanan dan kelautan merupakan tumpuan masyarakat nelayan, baik nelayan tangkap, pembudidaya, maupun masyarakat pengola dan pemasar hasil perikanan dalam meningkatkan taraf hidup seperti pada masa pandemi sekarang ini.

“Harus juga pandai-pandai dalam memasarkan hasil tangkapan, terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini,” imbuhnya. 

Kamaru menambahkan, konsep pemanfaatan potensi sumber daya perikanan harus dikembangkan dari usaha yang sifatnya tradisional menjadi usaha yang lebih profesional.

“Sehingga hasilnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan hidup nelayan tangkap, pembudidaya ikan dan pengolah ikan serta mampu menunjang tumbuhnya industri-industri perikanan,” jelasnya.

Bupati dan wabup, bersama rombongan meninjau perahu para nelayan

Ia berharap, bagi penerima bantuan bisa memanfaatkan untuk menambah hasil tangkapan serta bisa dijaga . 

“Untuk pelampung agar terus dibawah saat melaut, menjaga keselamatan saat di tengah laut,” pungkasnya. 

Turut Hadir Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muh. Sudja Alamri, Staf Ahli Resli Paputungan dan Mulyono Rochim, Kaban BKPSDM Ahmadi Modeong, Kadis Perhubungan Wahyudin Kadullah, Kakan Kesbangpol, Kabag Prokopim, Camat Pinolosian dan Sangadi Pinolosian Selatan.

(Advertorial/Nanda) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here