Disdik Kota Kotamobagu Gelar Diklat Calon Kepsek dan Pengawas

0
326
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kotamobagu Rukmi Simbala
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pendidikan (Disdik), menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) calon kepala sekolah (Kepsek) tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), serta pengawas Disdik tahun 2021.

Menurut Kepala Disdik Kota Kotamobagu Rukmi Simbala, kegiatan yang digelar di Gedung SKB Kelurahan Gogagoman ini, akan berlangsung hingga bulan Oktober nanti.

“Saat ini sedang berlangsung, karena sudah dibuka sejak Agustus lalu,” ungkapny, ketika ditemui sejumlah awak media, usai meninjau pelaksanaan Diklat, Sabtu (4/9/2021).

Dijelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjamin mutu pendidikan di Kota Kotamobagu, termasuk pendidikan bagi para calon kepala sekolah.

“Karena tahun 2022 nanti banyak kepala sekolah yang akan pensiun. Sedangkan aturannnya, setiap kepala sekolah yang menjabatharus ada Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Olehnya, kami menganggarkan untuk kegiatan ini,” papar Rukmi.

Demiian  dengan calon pengawas. Saat ini, jumlah pengawas yang ada tidak seimbang dengan jumlah sekolah, baik TK, SD maupun SMP yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu.

“Seperti pengawas SD. Saat ini tinggal 4 orang, sementara sekolah ada 69. Demikian juga dengan TK, ada 51 lembaga. Sementara pengawasnya hanya 2 orang. Nah, alasan inilah yang menjadi pertimbangan kami untuk menyelenggaraan Diklat yang bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulut dan LP2KS Pusat,” sebutnya.

Rukmi menambahkan bahwa, sistem pelaksanaan Diklat ini digelar secara On-Off.

“Ketika off orientasinya di sekolah masing-masing,” ujarnya.  

Adapun syarat kepesertaan calon kepala sekolah harus golongan IIIc, dan usia di bawah 55 tahun. Begitu halnya untuk pengawas.

(*/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here