Update Kasus Covid-19 di Bolmut, Kecamatan Bintauna Masuk Zona Aman

0
572
Update Kasus Covid-19 di Bolmut, Kecamatan Bintauna Masuk Zona Aman
Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS

BOLMORA.COM, BOLMUT – Update data kasus positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus mengalami peningkatan dan cukup mengkhawatirkan jumlah pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS selaku juru bicara Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bolmut kepada media Bolmora.com, Rabu (23/09/2020) mengatakan, total jumlah kasus positif corona di Bolmut menanjak walau beberapa pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terkategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan tidak merasakan sakit, tapi sangat berpotensi menularkan kepada orang lain yang memiliki penyakit bawaan, orang tua yang sudah lanjut usia dan anak-anak.

“Selain tracking kontak erat dengan pasien terinfeksi dan dibarengi dengan pengambilan sampel spesimen untuk uji Swab, kita harus menyadari bahwa pandemi Covid-19 ini belum berakhir dan benar-benar nyata ada disekitar kita. Sehingga pola hidup sehat seperti rajin cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, jaga jarak harus dilakukan dan menjadi kewajiban setiap masyarakat,” Jelasnya.

Dirinya menyebut, di Era New Normal saat ini ada beberapa titik interaksi masyarakat yang sulit dibendung seperti pasar, tempat-tempat wisata, pelaksanaan hajatan pesta pernikahan dan dibeberapa desa yang tersebar di enam kecamatan sedang menyelenggarakan kegiatan bernuansa olahraga untuk memperingati HUT Proklamasi Republik Indonesia yang sangat berpotensi dan rentan terjadi penyebaran dan penularan Covid-19.

“Satgas Covid-19 Bolmut juga telah meminta kepada Pemda Bolmut agar membatasi interaksi beberapa instansi daerah yang memiliki mobilitas yang besar termasuk Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut agar pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 bisa berjalan maksimal,” Sebutnya.

Ia menambahkan, perlu ada kerja sama dan kesadaran semua pihak agar Bolmut bisa memenangkan pertarungan melawan Covid-19 dan kembali ke zona hijau.

“Total ada 17 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan tersebar di enam kecamatan, 7 pasien dinyatakan sembuh serta 10 pasien masi dalam perawatan dan isolasi mandiri dengan protokol kesehatan ketat. Kita juga sedang menunggu hasil uji Swab kepada 135 spesimen kontak erat,” Imbuhnya.

Berikut Data Penyebaran Pandemi Covid-19 di Bolmut :

1. Kecamatan Pinogaluman : 1 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh. Kecamatan Pinogaluman masuk kategori zona aman.

2. Kecamatan Kaidipang : 4 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini dalam penanganan medis serta isolasi mandiri dengan protokol ketat. Kecamatan Kaidipang masuk kategori zona awas.

3. Kecamatan Bolangitang Barat : 5 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini dalam penanganan medis serta isolasi mandiri dengan protokol ketat. Kecamatan Bolangitang Barat masuk kategori zona awas.

4. Kecamatan Bolangitang Timur : 3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini dalam penanganan medis serta isolasi mandiri dengan protokol ketat. Kecamatan Bolangitang Timur masuk kategori zona awas.

5. Kecamatan Sangkub : 1 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh. Kecamatan Sangkub masuk kategori zona aman.

6. Kecamatan Bintauna : 3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh. Kecamatan Bintauna masuk kategori zona aman.

“Sekali lagi, tidak henti-hentinya kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Bolmut agar tetap taat pada protokol kesehatan. Keadaan kita belum normal sampai vaksin Covid-19 ditemukan,” Kuncinya.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here