Solusi Atasi Krisis Air Bersih, Pemkot kotamobagu Adakan Pompa Air di Kelurahan Upai

0
109
Tim PUPR Kotamobagu saat survey lokasi mata air Bambe'an di Kelurahan Upai

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kotamobagu melakukan pemasangan pompa air yang akan ditempatkan di jalan Elaba Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, sebagai salah satu upaya mengatasi krisis air bersih di daerah itu.

“Jumlah pompa air yang akan dipasang dinas PUPR Kotamobagu tahun 2019 ini sebanyak 1 unit. Sebelumnya Pemkot Kotamobagu telah melakukan survei mata air yang ada di Bambean sebagai solusi untuk mengatasi krisis air, tapi terkendala dengan masalah teknis dan lahan warga maka solusinya yang paling cepat adalah pengadaan pompa air, ” ungkap Sekretaris Dinas PUPR Sopian Hatam, Jumat (20/9/2019).

Dia menerangkan, pembangunan sarana prasarana air bersih yang ada di lokasi mata air Bambean masih ditunda tahun depan.  

“Untuk pembangunan sarana prasarana di mata air Bambe’an nanti dianggarkan pada tahun 2020,” terangnya.

Terkait  upaya penanggulangan krisis air bersih di Kelurahan Upai Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kotamobagu Sande Dodo sudah melakukan koordinasi  dengan bagian teknis di lapangan untuk pemasangan pompa air yang rencananya akan dilakukan bulan depan.

“Pompa air yang dipesan lagi dalam proses pengiriman, jika sudah sampai pompanya dinas terkait akan langsung akan mengoperasikan pompa air tersebut, dan untuk wilayah Kelurahan Upai yang belum ada jaringan air bersih, tahun depan kami sudah memasukan anggaran dan sudah tertera di rencana kerja anggaran tahun 2020,” ujar Sande yang juga merupakan Plt Kepala Dinas PUPR.

Sementara itu Dade Putong, salah satu warga Upai memberikan apresiasi yang tinggi untuk Pemkot Kotamobagu. 

“Kami sangat berharap masalah krisis air bersih di Kelurahan Upai  segera teratasi dengan baik, agar kami sebagai warga tidak jauh jauh lagi mengambil air yang sangat jauh jaraknya dari pemukiman warga dan pastinya kami juga terus mendukung program penanggulangan krisis air bersih, yang digalakkan oleh Pemkot Kotamobagu,” ungkapnya. 

(**/me2t)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here