Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Sambangi Kabupaten Bolmong

0
92

BOLMORA.COM, BOLMONG — Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten Sehat tingkat nasional mulai melakukan penilaian di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Kamis (20/09), kemarin.

Sebelumnya kedatangan tim tersebut disambut langsung oleh jajaran Pemerintahan Kabupaten Bolmong, di Restoran D’Talaga, Rabu (19/09).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Sahara Albugis menjelaskan, tujuan kedatangan Tim Verifikasi yakni untuk mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh Forum Kabupaten Sehat.

“Mereka lakukan verifikasi selama dua hari, dan memastikan apakah sesuai sesuai dengan yang kita laporkan,  pastinya mereka akan beri angka sesuai dengan fakta yang ada di lapangan,” ujar Sahara.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Bolmong megikuti program kabupaten sehat tingkat pertama atau tingkat Padapa. Tngkat padapa ini diberikan pada kabupaten pada taraf pemantaan. Untuk indikator penilian atau verifikasi lapangan berupa sarana prasana kesehatan, kemudian kesehatan pemukiman penduduk.

“Saat ini kita baru mengikuti tingkat pertama atau nama lainnya tingkat padapa,”katanya

Menurut Sahara, ada dua titik wilayah yang menjadi acuan verifikasi yakni, Kecamatan Poigar di Desa Nonapan, dan beberapa desa di Bolaang Timur.

“Ini penilaian terakhir. Namun yang terpenting bukanlah penghargaan, tetapi menjadikan ini sebagai motivasi untuk lebih baik dan sehat,”tutur Sahara.

(Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here