Luas Wilayah Kotamobagu Bertambah, DAU Dipastikan Naik di Tahun 2018

0
494
Luas Wilayah Kotamobagu Bertambah, DAU Dipastikan Naik di Tahun 2018
Penyerahan SK Permendagri tentan tapal batas
Advertisement

BOLMORA, KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu resmi menerima SK Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 68 tahun 2017, tentang tapal batas Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolmong.

SK tersebut diserahkan Kemendagri pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialiasasi batas daerah, yang digelar oleh Kemendagri Direktorat wilayah III dan Otda Setda Provinsi Sulut, di Hotel Swisbell Manado, Selasa (19/9/2017).

“Alhamdulillah Permendagri batas daerah Kota Kotamobagu dan Bolmong, yang ditunggu-tunggu sejak 2015 sudah diserhakan tadi, oleh Kemendagri,” ungkap Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Pemkot Kotamobagu, Anas Tungkagi, siang tadi.

Menurutnya, berdasarkan SK tersebut, otomatis luas wilayah Kota Kotamobagu bertambah. Itu berdasarkan hasil kesepakatan beberapa waktu lalu, saat pentetapan titik koordinat tapal batas.

“Ya, dipastikan akan bertambah. Sebelum ada kesepakatan, luas wilayah Kota Kotamobagu 68,6 kilometer. Setelah ada hasil kesepakatan, diperkirakan luasnya akan menjadi 100 kilometer,” terang Anas.

Selain itu, hal tersebut juga akan berdampak pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), karena pemerinta pusat mengucurkan dana ke daerah berdasarkan luas wilayah.

“Pada 2018 mendatang, anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) bakal bertambah, karena luas wilayah kita telah bertambah,” pungkasnya.(me2t)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here