Wabup Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Bolmut Periode 2019-2023

0
318
Wabup Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Bolmut Periode 2019-2023
Wabup Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Bolmut Periode 2019-2023
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMUT – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, menghadiri pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan, se-Kabupaten Bolmut periode 2019-2023, yang bertempat di Aula Kantor Camat Kaidipang, Jumat (27/8/2021).

Ketua TP-PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Potoh – Talibo, selaku Bunda PAUD menyampaikan selamat kepada Bunda PAUD kecamatan yang baru saja dikukuhkan.

“Semoga kepercayaan baik dan penuh tanggung jawab sebagai penggilan pengabdian dalam pengembangan program paud di wilayahnya masing-masing,”  Perlu diketahui bahwa lembaga paud di daerah ini, selalu berupaya menargetkan lahirnya insan yang cerdas dan komprehensip dalam menjangkau semua lapisan masyarakat melalui program satu desa, satu paud. Di mana jumlah paud di Kabupaten Bolmut saat ini sudah melebihi ekspektasi seperti yang diharapkan bahwa jumlah paud harus sesuai dengan jumlah desa/kelurahan,” tutur Hj. Ainun. 

Secara kuantitas Kabupaten Bolmut sudah memiliki semua itu bahkan lebih, yaitu berjumlah 182 lembaga paud, dengan jumlah tenaga pendidik  paud 477 orang, dan peserta didik berjumlah 4.121 anak didik, yang terbesar di 106 desa dan 1 kelurahan di kabupaten bolmut.

Ia mengimbau Kepada bunda paud yang baru saja dikukuhkan kiranya dapat segera mengambil langkah langkah sebagaimana tugas bunda paud kecamatan di antaranya:

Pertama, Membentuk kelompok kerja atau disebut pokja bunda paud tingkat kecamatan.

Kedua, Mebuat rencana program dan kegiatan bunda paud tingkat kecamatan setiap tahunnya dalam rangka mendukung layanan paud berkualitas.

Ketiga, Melakukan Pembinaan dan pengawasan terhadap layanan paud di tingkat kecamatan.

Keempat, Melakukan pendampingan, koordinasi, sinkronisasi, dan sinergitas lintas sektor program dan sektor terkait dalam pembinaan layanan paud di tingkat kecamatan.

Kelima, Melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga dan organisasi tingkat kecamatan.

Keenam, Membuat pertemuan berkala tingkat kecamatan yang di hadiri bunda paud tingkat desa/kelurahan.

Ketujuh, Menyusun dan menyampaikan laporan program dan kegiatan bunda paud kecamatan kepada bunda paud kabupaten.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Bolmut, menyampaikan bahwa pendidikan usia dini (PAUD) Di kabupaten bolmut dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan, setidaknya jika dilihat dari jumlah satuan pendidikan anak usia dini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Perkembangan ini tentu sangat positif jika dilihat dari sisi perluasan akses layanan pendidikan. Namun, disisi lain sebagai bagian penting dari program utama pembangunan nasional.

“Pemerintah telah menetapkan kebijakan pengembangan paud melalui pendekatan “Holistik Integritas”, yaitu paud yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, tetapi mencakup juga aspek pelayanan gizi, pelayanan kesehatan, pengasuhan, dan perlindungan anak,” jelas wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, melalui pengukuhan bunda paud kecamatan pada hari ini, saya menyampaikan harapan, kiranya para bunda paud terus meningkatkan peran serta bunda paud dalam upaya pembagunan pendidikan anak usia dini sebgai aset sumber daya manusia, sehingga peran bunda paud dirasakan begitu strategis dalam mewujudkan percepatan pembangunan pendidikan anak usia dini melalui program penuntasan satu desa satu paud, perintisian program wajib belajar satu tahun pra sekolah dasar dan mensusekan gerakan nasional paud berkualitas.” harap wabup.

Pemerintah daerah memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan pendidikan paud di kabupaten bolmut melalui: 

Pertama, Pemberian Insentif kepada pendidik paud.

Kedua, Pemberian Bantuan Oprasional Pendidikan Paud: dan

Ketiga, Pembagunan Dan Perbaikan Gedung Paud, serta pembagunan pagar di beberapa sekolah paud.

“Selaku pemerintah daerah, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada organisasi bunda paud di kabupaten Bolaang Mongondow Utara atas berbagai peran telah di jalankan selama ini,” pungkas

Turut hadir, Wakil Ketua TP-PKK Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bolmut, Sulha Mokodompis S,Pd, M.Si, Serta jajaran, Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut, Yeni Lasama S.KM, Para Camat Se kabupaten Bolmut, Ketua (Himpaudi), Bunda Paud kecamatan yang baru saja di kukuhkan, ketua (IGTKI) Bolmut, Koordinator Pengawas TK/SD, dan Ketua PKG kecamatan se-Kabupaten Bolmut.

(Awall) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here