Ormas Pertanyakan Keterlambatan Pelantikan Wakil Ketua DPRD Bolmong

0
227
Ormas Pertanyakan Keterlambatan Pelantikan Wakil Ketua DPRD Bolmong
Ketua Ormas Rivai
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG — Belum berprosesnya pengisian jabatan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bolmong menuai reaksi dari Organisasi Masyarakat (Ormas), salah satunya Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Utara (Sulut).

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulut, Rivai Mokoagow mempertanyakan dasar belum dilantiknya Sulhan Manggabarani pimpinan DPRD Bolmong. 

“Kalau merujuk surat resmi DPP partai Golkar yang turun sejak bulan Juni 2021, harusnya Sulhan sudah diparipurnakan dan dilantik sebagai Wakil Ketua II DPRD, agar stabilitas politik di DPRD berjalan baik. Tapi alasan apa masih tertahan?,’’ ucap Rivai saat ditemui, Rabu (03/08/2021).

Menurut Rivai, negara telah mengatur bahwa komposisi tiga pimpinan DPRD sangatlah penting dalam pengelolaan DPRD. Lembaga legislatif mewakili pikiran dan segenap aspirasi rakyat Bolmong.

“Sehingga, jika ada diantara pimpinan lainnya yang berhalangan sakit, ada urusan keluarga, atau urusan-urusan lainnya, maka wakil ketua lainnya- lah yang akan melanjutkan sistem yang telah ada,” tutur Rivai.

Rivai yang juga Ketua Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Bolmong ini juga menegaskan, persoalan tersebut harus segera teratasi.

“Bagaimana mungkin mau menyelesaikan segenap aspirasi masyarakat Bolmong? Jangan sampai karena halangan satu dua orang, persoalan kerakyatan tak berjalan sebagaimana mestinya,” tegas Rivai.

Menurut Rivai, persoalan di DPRD tak boleh terkatung-katung, agar tak berimbas ke arus bawah masyarakat Bolmong.

“Saya berharap, seluruh anggota DPRD mampu memahami kondisi sosio-kultural masyarakat Bolmong. Kalian telah dipilih untuk mengemban amanah rakyat. Silahkan utamakan kepentingan rakyat dan daerah diatas kepentingan pribadi dan golongan, agar tak menimbulkan persepsi liar di masyarakat akibat masalah ini, sebaiknya persoalan ini harus segera diselesaikan dan jangan berlarut-larut,” jelas dia.

Polemik yang terjadi di tubuh DPRD Bolmong telah menjadi sorotan berbagai pihak, termasuk tokoh-tokoh pemuda Bolmong. Mengingat Sulhan adalah salah satu anggota DPRD yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan kepemudaan di Bolmong.

Ia sejak dahulu aktif di Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Bolmong (BKPRMI), KNPI, GP Ansor dan organisasi kepemudaan lainnya.

Diketahui, Sulhan Manggabarani adalah calon yang akan mengisi jabatan Wakil Ketua II DPRD Bolmong karena telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, sebagai pengganti almarhum Abdul Kadir Mangkat yang telah meninggal Februari lalu.

Sebelumnya, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling saat dikonfirmasi via seluler mengaku bahwa SK tersebut sementara berproses.

“Sementara berproses sesuai mekanisme,” kata Welty.

Namun saat ditanyai sejauh mana kelanjutan proses mekanisme tersebut, Welty enggan untuk menjawab

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here