Akibat Angin Kencang, KM Sabuk Nusantara 109 Kandas

0
9249
Akibat Angin Kencang, KM Sabuk Nusantara 109 Kandas
Tampak KM Sabuk Nusantara yang bermuatan puluhan penumpang kandas saat akan memasuki pelabuhan

BOLMORA.COM, TAHUNA- Perubahan dan perpindahan musim yang sangat cepat dan sering berubah-ubah membuat masyarakat harus ekstra berhati-hati.

Seperti yang terjadi pada di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (27/8/2020). KM Sabuk Nusantara 109 bermuatan puluhan penumpang mengalami kandas saat memasuki pelabuhan.

Informasi yang didapat, Kapal tersebut berpenumpang 91 orang yang terdiri dari 72 penumpang dan  19 ABK. Dengan adanya laporan ini, Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri Sinaga langsung memerintahkan anggota Pos Tahuna UPT Basarnas Manado untuk bergerak cepat mengevakuasi penumpangnya.

“Laporan masuk ke Basarnas KM Sabuk Nusantara 109 ini bertolak dari Pelabuhan Lipang menuju Pelabuhan Bukide Tahuna pada Rabu kemarin sekitar pukul 21:00 WITA. Saat memasuki Pelabuhan Bukide, kapal mengalami kandas dikarenakan hembusan angin yang sangat kencang berkekuatan 35 Knot dari arah Selatan disertai arus kencang,” ungkap Sinaga.

Dirinya mengatakan, selain Basarnas, dalam proses evakuasi pemindahan penumpang ada beberapa tim juga yang terlibat yakni Lanal Tahuna, Sat Polair Polres Tahuna, KUPP Tahuna, Pelni Tahuna.

Proses evakuasi penumpang KM Sabuk Nusantara 109

“Semua bergerak sesuai komando arahan dari Basarnas sehingga proses pemindahan penumpang cepat di laksanakan. Dalam proses pemindahan, penumpang sebanyak 72 orang di dahulukan, sedangkan 19 ABK tetap bertahan menunggu Kapal Sabuk Nusantara 69 melakukan penarikan pada jam 04.00 pagi,” terangnya.

Dirinya pun memberikan apresiasi setinggi-tinggi nya kepada tim SAR gabungan yang terlibat sehingga proses evakuasi pemindahan korban cepat di laksanakan.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses evakuasi ini. Saat masa pandemi Covid-19 ini, tim Basarnas dalam melaksanakan tugasnya dengan menggunakan baju APD untuk mengantisipasi anggota dari penyebaran Virus Corona,” tutupnya.

(Tim Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here