H2M Soroti Kurangnya Anggaran Pemeliharaan Jalan Kabupaten Saat RDP Bersama Mitra Kerja

0
390
H2M Soroti Kurangnya Anggaran Pemeliharaan Jalan Kabupaten Saat RDP Bersama Mitra Kerja
Hi Herson Mayulu saat mengikuti RDP Komisi V bersama mitra kerja
Advertisement

BOLMORA.COM, JAKARTA — Anggota DPR RI Hi. Herson Mayulu, S.IP, menyoroti anggaran pemeliharaan jalan kabupaten, yang dinilai sangat kurang. Hal itu disampaikannya dalam RDP (rapat dengar pendapat) Komisi V DPR RI bersama Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan dan Deputi Sarana dan Prasarana Bappenas, yang digelar Rabu (26/8/2020), di ruang rapat Komisi V, sehubungan dengan pembahasan masukan-masukan Penyusunan RUU Perubahan  Atas Undang-undang Nomor: 38 tahun 2004 tentang jalan.

“Data menunjukan bahwa panjang jalan nasional dan jalan provinsi hanya 10 persen dari panjang jalan kabupaten. Namun, anggaran pembangunan dan pemeliharaannya justru paling kecil. Ini hal ini patut saya soroti, terutama kurangnya anggaran,” kata Herson, yang akrab disapa H2M.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menuntut agar Bappenas melakukan rasionalisasi anggaran. Pasalnya, perwakilan Bappenas menyampaikan bahwa daerah-daerah tidak fokus dalam pemanfaatan DTU (dana transfer umum).

“Hal itu tidaklah benar. Justru, daerah-daerah sebenarnya mengalami kesulitan dana dalam membangun dan melaksanakan pemeliharaan jalan,” ujarnya.

Wakil rakyat Sulut di pusat ini menegaskan, kesulitan yang sama juga terjadi pada penanganan jalan nasional yang melintasi hutan lindung. Ia meminta agar fakta ini diperhatikan oleh Kementrian Keuangan dan Bappenas.

“Sejauh ini, selain sulit bertemu dengan Menteri maupun Dirjen, daerah dalam memperjuangkan anggaran masih sering dimanfaatkan oleh para calo-calo dan mafia anggaran. Ini yang harus diperhatikan oleh Kementerian,” tegas H2M.

(*/Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here